Pengamat Politik Sebut Airlangga Hartarto Punya Kans Menangkan Pilpres 2024

Tiga Tokoh Senior Golkar Diyakini Turun Gunung Dukung Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto

JAKARTA—Sepak terjang Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto dinilai berpeluang menang pada Pilpres 2024. Seperti dikatakan pengamat politik, Ujang Komarudin, bahwa semua Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) masih memiliki peluang yang sama, termasuk Airlangga Hartarto.

“Karena di Pilpres 2024 nanti tidak akan ada incumbent, maka semua capres dan cawapres masih punya peluang yang sama. Semua punya peluang menang. Termasuk Airlangga juga bisa menang,” ujar Ujang, Senin (28/6), seperti dikutip dari laman soksinews.com.

Ujang menambahkan, Airlangga bisa menang jika elektabilitasnya diperbaiki. Elektabilitas bisa naik dengan melakukan berbagai kerja nyata yang populis, tidak elitis. Ia menyebut, masih ada dua tahun untuk dapat menaiki elektabilitas Airlangga.

“Masih ada dua tahun untuk naikkan elektabikitasnya dan untuk menaikkan elektabilitas Airlangga mesti melakukan kerja-kerja yang populis dan jangan elitis,” ucapnya.

Meski demikian, Ujang mengaku masih belum bisa menentukkan kriteria pasangan yang cocok untuk bisa mendampingi Airlangga di Pilpres 2024.

BACA JUGA :  Airlangga Hartarto Minta Kader Golkar Berpartisipasi Tanggulangi Covid-19

“Belum kelihatan siapa pasangannya. Akan cari sosok pasangan yang memiliki elektabilitas yang tinggi, untuk bisa mengisi kekurangan yang dimiliki AH,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menginstruksikan agar kader bersiap menghadiri Pemilu 2024.

Instruksi itu disampaikan terhadap pengurus DPD I Golkar Sumatera Barat (Sumbar). Pemilu 2024 jadi prioritas karena ada pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilu legislatif, dan pemilihan kepala daerah.

“Golkar Sumbar harus terus menyiapkan diri menghadapi pemilihan presiden, pemilihan legislatif, dan pemilihan kepala daerah pada 2024,” kata Airlangga Hartarto saat menghadiri kegiatan silaturahim dengan DPD Golkar Sumbar, di Padang, Jumat malam.

Airlangga mengingatkan seluruh kader agar bekerja keras agar bisa mengalahkan partai-partai lain di Sumbar. Ia menilai Golkar Sumbar selama ini memiliki modal politik kuat dan kader yang solid. Namun, ia mengingatkan mesti terus digenjot untuk mencapai hasil yang maksimal.

BACA JUGA :  UU Ciptaker, Instrumen Utama Pemulihan Ekonomi Nasional

“Berdasarkan hasil evaluasi pilkada serentak 2020, Golkar Sumbar hanya meraih enam kemenangan dari 14 wilayah yang melaksanakan pilkada,” lanjut Menko Perekonomian tersebut.

Sementara itu, dikutip dari laman genpi.co, Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS membeberkan, Airlangga Hartarto memiliki kans besar untuk memenangkan Pilpres 2024. Pasalnya, dia menduga ada tiga tokoh penting yang siap memenangkan Menteri Perekonomian itu.

“Tokoh-tokoh senior Golkar, seperti Luhut Binsar Pandjaitan, Jusuf Kalla, dan Akbar Tanjung akan berjuang untuk pemenangan Airlangga,” kata Fernando.

Dengan kekuatan yang besar itu, maka Airlangga dianggap layak diusung Golkar menjadi capres. Apalagi pengalaman politik Airlangga juga sudah matang. Dia pernah menjadi anggota DPR, dan sekarang menjadi menteri.

Selain itu, sosoknya juga bisa menjadi penengah saat konflik dualisme Golkar. Itu yang akhirnya membuatnya dipercaya menjadi Ketum Golkar. “Ini jelas nilai jual yang dianggap mampu dan siap memimpin Indonesia ke depan,” katanya. (*/gt)