Polres Lombok Utara Minta Dana Pengamanan Pilkades Rp 1 Miliar

I Wayan Sudarmanta (DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Jelang Pilkades di lima desa, Polres Lombok Utara mulai melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari perencanaan sistem pengamanan, pemetaan potensi rawan, peningkatan kemampuan personel dalam pengamanan hingga persiapan sarana prasarana pengamanan. Polres pun sudah mengajukan usulan anggaran pengamanan senilai Rp 1 miliar.

“Intinya kita akan upayakan agar Pilkades berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta.

Apalagi lanjut Kapolres, pilkades ini digelar dalam masa tahapan pemilu, sehingga harus diberi perhatian khusus. “Sejauh ini belum ada gejolak di tengah masyarakat,” ucapnya.

Meskipun selama ini KLU terbilang kondusif tetapi pihaknya bakal tetap waspada. Sebab segala kemungkinan bisa saja terjadi. “Kita tentunya berharap baik Pilkades, Pileg ataupun Pilpres nanti berjalan dengan aman dan lancar. Tetapi jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan kami sudah siap,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wakapolres di KLU dan Sejumlah PJU Dimutasi

Pesannya kepada masyarakat bahwa pilihan boleh berbeda. Hanya saja jangan sampai perbedaan tersebut kemudian menimbulkan perselisihan di tengah masyarakat. “Masyarakat harus dewasa dalam berdemokrasi, ” pesannya.

Adapun terkait usulan Rp 1 miliar ini belum ada keputusan dari pemda selaku panitia tingkat kabupaten. Informasinya masih akan dilakukan rapat koordinasi membahas itu. “Namanya orang ngusul. Kita juga menentukan ini tidak serta merta. Banyak faktor yang kita pertimbangkan melihat keadaan keuangan daerah,” ujar Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi, baru-baru ini.

Baca Juga :  Asosiasi Hotel Minta One Gate System Tak Dipaksakan

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan Administrasi Desa (PADes) DP2KBPMD KLU Marta Efendi mengatakan, pilkades serentak akan dilaksanakan 25 Oktober 2023. Pilkades digelar di lima desa yakni Desa Loloan dan Akar-akar di Kecamatan Bayan, Desa Sambil Bangkol di Kecamatan Gangga serta di Desa Teniga dan Medana di Kecamatan Tanjung.

Tahapan Pilkades lima desa ini sudah masuk tahap pencalonan. “Pengumuman dan pendaftaran akan segera dibuka,” tandasnya. (der)

Komentar Anda