Pengalaman Lalu Armin Suhaidin, Pemuda Asal Lotim yang Menjadi Sport Massage Timnas Indonesia

Lalu Armin Suhaidin bersama pemain timnas Witan Sulaeman di piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura.(ist)

NTB Patut berbangga. Salah satu putra terbaiknya terpilih sebagai sport massage Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia. Dia adalah Lalu Armin Suhaidin. Pria kelahiran Pohgading, Lombok Timur itu sudah sembilan tahun menjadi doktor masasse Timnas Indonesia. Banyak pengalaman yang sudah dialaminya.


Sport massage bukan pekerjaan sembarangan. Ini adalah jenis pengobatan pijat yang memperlakukan pada aspek fisik, fisiologis dan psikologis atlet. Pijatan digunakan sebelum atau sesudah kegiatan olahraga. Jika digunakan sebelum kegiatan olahraga, akan sangat membantu dalam pemanjangan dan melonggarkan jaringan lunak. ‘’ Jadi tugas saya itu membantu pemulihan dan rileksasi atlet. Tergantung kebutuhan atlet. Kalau atletnya terlalu lelah ditambah latihan berat nanti bisa diurut (massage). Kalau sudah mulai turnamen itu bisa tiap hari atlet minta dipijat,’’ ujar Armin belum lama ini.

Wajah Armin tidak sulit ditemukan. Saat Timnas berlaga atau bertanding, Armin sigap masuk lapangan begitu pemain timnas ada yang cidera. Ia langsung akan memeriksa kondisi atlet yang merasa kesakitan. ‘’ Kalau ada yang cidera saya membantu bagian fisio sesuai dengan arahan dokter tim,’’ katanya.

BACA JUGA :  Cerita Mistis tentang Kali Jangkuk Dasan Agung

Tidak mudah bagi Armin terpilih menjadi sport massage timnas. Sport massage dipelajari saat menempuh pendidikan S2 di Univesitas Nasional Yogyakarta (UNY). Setelah selesai, ia mengikuti seleksi di bawah pengawasan kepala tim dokter Timnas Indonesia, dr Syarif Alwi. Tahun 2012, Armin terpilih sebagai sport massage timnas U-16. Saat itu, timnas U-16 sangat digandrungi masyarakat karena diperkuat Evan Dimas dan kawan kawan. ‘’ Alhamdulillah setelah itu berlanjut ke U-23 dan timnas Senior hingga sekarang,’’ ungkapnya.

Menjadi sport massage timnas bukan tugas mudah. Dibutuhkan keuletan dan kerja keras. Karena kebugaran kondisi puluhan atlet menjadi tanggung jawabnya. Namun dengan tekad etos kerja yang kuat, tugas Armin dinilai sangat baik. Ketua PSSI maupun pelatih timnas terus berganti. Armin tetap dipercaya sebagai sport massage timnas. ‘’ Mungkin karena kinerjanya dinilai baik. Kan orang lain yang menilai ada dokter tim juga. Saya bersyukur masih diberikan kesempatan ini,’’ kata salah satu pemain futsal tim Kapak ini.

Selama mengemban tugas sebagai sport massage, hampir seluruh pemain timnas dikenalnya. Mulai dari timnas U-18, U-23 hingga timnas senior. Ditanya siapa pemain timnas yang paling dikenalnya. Armin mengaku seluruh pemain timnas akrab bergaul. Sehingga memudahkan tugasnya sebagai sport massage. ‘’ Hampir rata-rata pemain timnas saya kenal. Orangnya baik karena well come bergaulnya. Tapi karakternya macam-macam. Ada yang pendiam, yang lucu juga ada,’’ terangnya.

BACA JUGA :  Perjuangan Khairul Marhanik Lepas dari Jerat Narkoba

Menjadi sport massage bukan waktu yang singkat. Selama itu, Armin sudah keliling dunia mendampingi timnas. Baik untuk berlaga maupun untuk Training Center (TC). Ia mengaku, ada satu tempat favorit yang dikunjungi saat mendampingi timnas. ‘’ Waktu itu saat ke Stadion Santiago Bernabeu. Karena saya ini fans berat Real Madrid. Jadi itu paling berkesan buat saya,’’ ujarnya sumringah.

Sebagai bagian dari timnas. Armin juga punya harapan yang sama dengan seluruh pecinta bola tanah air. Yaitu, timnas bisa berprestasi di kancah dunia. Walaupun sulit, menurutnya tidak ada yang mustahil. ‘’ Semoga timnas bisa lebih baik lagi. Bisa berprestasi dikancah Internasional. Kita pasti bisa,’’ tutupnya optimis.(Ali Ma’shum)