Pengadaan Barang Jasa di E-Katalog Lebih Transparan

E-KATALOG: Perwakilan LKPP, Sigit Apriyanto saat memberikan penjelasan instrumen e-katalog kepada sekitar 200 orang aparat PNS di Mataram, Selasa (13/9) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggandeng situs belanja online bhinneka.com untuk memperkenalkan e-katalog sebagai solusi dan instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien.

Untuk itu, LKPP Pusat dan bhinneka.com menghadirkan sedikitnya 200 orang PNS yang berkaitan langsung dengan pengadaan barang dan jasa milik pemerintah daerah saat sosialisasi di Mataram, Selasa kemarin (13/9).

Asisten III Sekretariat Pemerintah Provinsi NTB, H. Bachruddin menyambut baik program layanan e-katalog sebagai solusi dalam pengadaan barang dan jasa milik pemerintah daerah, khususnya yang ada di Provinsi NTB.

“Pemanfaatan e-katalog dalam pengadaan barang/jasa ini sebagai langkah maju keterbukaan informasi publik, dan tentunya biaya yang dikeluarkan lebih efisien,” kata Bahruddin disela membuka sosialisasi layanan e-katalog untuk pengadaan barang/jasa pemerintah daerah.

Perwakilan LKPP, Sigit Apriyanto mengatakan, pengadaan barang melalui e-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog, pembelian barang/jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Selain itu, satuan kerja (Satker) hanya tinggal melakukan login, dan melakukan pembelian melalui website https://e-katalog.lkpp.go.id. “Tidak seperti mekanisme pengadaan melalui tender, pembelian melalui e-katalog tidak ada batasan nilai,” kata Sigit Apriyanto.

Dikatakan, barang/jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP harga dan spesifikasinya terbuka. Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol. Pembeli, dalam hal ini Pokja dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia. “Jadi, e-katalog ini semacam crowd control untuk keterbukaan informasi, dan publik bisa mengawasi langsung,” papar Sigit.

Sementara perwakilan dari bhinneka.com, Yoana Tri Agustina mengatakan, bhinneka.com berkomitmen untuk dapat membantu proses revolusi cara belanja pemerintah, termasuk pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel. Tak hanya itu, setiap harga produk sudah termasuk pajak, sehingga menjamin akuntabilitas serta menghemat pengeluaran rutin pemerintahan.

Keberadaanya sebagai penyedia barang/jasa pemerintah lanjut Yoana, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dari berbagai aspek. Bhinneka.com memberikan produk yang lengkap, harga khusus untuk produk dalam e- katalog, jaminan garansi, dan servis (pelayanan). “Hingga saat ini terdapat lebih dari 31.000 produk bhinneka.com yang tayang di e-katalog LKPP,” pungkasnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut