Penerbangan Komersil Bandara Lombok Tutup 6-17 Mei, Penerbangan Khusus Tetap Buka

Bandara Lombok di Praya (DOK/RADAR LOMBOK)

 

MATARAM–Penerbangan umum atau komersial di Bandara Internasional Lombok akan ditutup pada 6-17 Mei 2021. Hal ini diberlakukan guna mendukung kebijakan pemerintah pusat soal larangan mudik 2021.

Humas PT Angkasa Pura I Lombok Internasional Airport (LIA) Arif Haryanto mengatakan, kebijakan yang diberlakukan di bandara sebagai langkah mendukung kebijakan pemerintah dengan tujuan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran covid-19, sehingga pelayanan penerbangan jelang lebaran di Bandara Lombok ditutup khusus penerbangan umum atau komersil. Namun tetap beroperasi untuk melayani penerbangan khusus. “Terkait ketentuan larangan mudik, pada prinsipnya kita selaku pengelola bandara mendukung kebijakan pemerintah tersebut karena tujuannya adalah sebagai upaya pengendalian penyebaran covid-19 tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kementerian Pak Luhut Minta Tahan Rindu, Jangan Mudik Dulu!

Arif menyebutkan, penerbangan khusus yang dimaksud antara lain seperti penerbangan pimpinan lembaga tinggi dan tamu kenegaraan, penerbangan repatriasi, serta penerbangan yang berhubungan dengan operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat, serta angkutan kargo.

BACA JUGA :  Ambil BST Warga Diam-Diam, Oknum Perangkat Desa Ini Didesak Mundur

Adapun untuk masyarakat umum harus sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah untuk bisa melakukan perjalanan mudik. Di antaranya, perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil didampingi oleh 1 orang anggota keluarga dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang. “Sesuai ketentuan, masyarakat umum yang memenuhi syarat tertentu bisa melakukan perjalanan mudik,” terangnya. (sal)