Penentuan Usulan Calon Ketua DPRD NTB Berakhir Deadlock

DEADLOCK: Rapat pleno khusus DPD Golkar NTB terkait penentuan usulan calon Ketua DPRD NTB berakhir deadlock, sehingga belum bisa menentukan tiga nama calon untuk diusulkan ke DPP. (Yani/Radar Lombok)

MATARAM-DPD I Partai Golkar NTB menggelar pleno penentuan usulan calon Ketua DPRD NTB di Kantor DPD I Partai Golkar, Minggu malam (25/8/2019). Pleno khusus itu dipimpin pengurus DPP, Muhammad Taufik yang juga Wakil Ketua Umum DPP Bidang OKK didampingi Ketua DPD Partai Golkar NTB, HM Suhaili FT.

Hadir dalam pleno khusus itu, Korwil DPP Golkar untuk NTB, Sari Yuliati, serta jajaran pengurus DPD Partai Golkar NTB, dan ormas pendiri. Pleno itu berlangsung cukup alot dan gagal menyepakati tiga nama yang akan diusulkan untuk menjadi calon Ketua DPRD NTB. Hal itu dikarenakan banyaknya calon yang muncul dari aspirasi pengurus. Sementara aturannya, maksimal tiga yang diajukan ke DPP. Karena berakhir deadlock atau menemui jalan buntu, akhirnya disepakati, bahwa usulan tiga nama itu diserahkan sepenuhnya untuk dibahas oleh Ketua DPD Partai Golkar NTB bersama DPP. “Nanti Pak Ketua dan DPP akan bermusyawarah untuk menentukan tiga nama itu,” kata Muhammad Taufik, usai memimpin rapat pleno khusus tersebut.

Dalam pleno sendiri, peserta banyak menyampaikan aspirasi calon Ketua DPRD NTB dengan berbagai pertimbangan, mulai dari senioritas, gender, pemuda, dan lainnya. Semua aspirasi itu tidak bisa diakomodir, karena yang diusulkan maksimal tiga nama.

Taufik menambahkan, sebetulnya penentuan Ketua DPRD dari Golkar, baik tingkat kabupaten/kota dan provinsi, sepenuhnya menjadi hak prerogatif DPP. Namun tetap berdasarkan usulan dari pengurus Golkar di daerah. Nanti DPP akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan kepada tiga nama yang diusulkan daerah. Tentunya DPP juga akan melihat rekam jejak, kapasitas, dan pengalaman mereka. “Siapa ditunjuk, itu hak prerogatif DPP,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar NTB, HM Suhaili FT mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya ini akan bermusyawarah dengan DPP untuk menentukan usulan tiga nama itu. “Insyaallah, satu atau dua hari ke depan, kita berembuk dengan DPP untuk memutuskan tiga nama calon itu,” pungkasnya. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid