Pendamping Najmul Ditentukan Bersama Parpol Koalisi

Burhan M Nur
Burhan M Nur.(HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Petahana Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar belum juga mengumumkan pasangannya pada Pilkada 2020. Spekulasi nama pendamping pun bermunculan di tengah masyarakat.

Di antaranya nama Ketua DPC PPP Lombok Utara Narsudin, Kepala Dinas Koperindag UKM Lombok Utara Raden Nurjati, Sekda Lombok Utara Suardi, Ketua MUI Lombok Utara TGH Abdul Karim, Anggota Bawaslu NTB Itratip, hingga nama Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin.

Sekretaris DPC Demokrat Lombok Utara Burhan M Nur mengaku, pihaknya membiarkan berbagai spekulasi itu berkembang di tengah masyarakat. Semuanya itu akan dibahas bersama parpol koalisi ketika rekomendasi dari parpol terkait sudah keluar dan klir mengusung Najmul Akhyar. “Tidak bisa Demokrat sebagai parpol pengusung yang menentukan pendampingnya. Itulah pentingnya berkoalisi membahas semua keputusan secara bersama-sama,” ungkapnya kepada Radar Lombok, Selasa (14/1).

Dalam pembahasan nanti, masing-masing parpol dipersilakan menyampaikan rekomendasi siapa yang diusung. Di sana akan dibedah berbagai latar belakang serta keunggulan dan kelemahan masing-masing. Karena itu, semua nama-nama yang berkembang saat ini, memiliki peluang sama dalam mendampingi petahana.

Sebelum pembahasan siapa balon pendamping itu, pihaknya selaku partai pengusung tengah fokus membangun komunikasi dengan parpol koalisi.

Parpol yang sudah bisa diprediksi berkoalisi yakni Demokrat dengan 4 kursi di DPRD Lombok Utara, Golkar 4 kursi, dan PAN 4 kursi. Kemudian ada sejumlah parpol yang masih dibangun komunikasi. “Kita sekarang terus membangun komunikasi koalisi dengan partai politik lain,” imbuhnya. (flo)