Pendakian Gunung Rinjani Masih Ditutup

Ilustrasi Pendakian Gunung rinjani

SELONG—Sejak beberapa waktu lalu Gunung Baru Jari, anak Gunung Rinjani mengalami peningkatan aktifitas, dengan menyemburkan material abu vulkanik. Bahkan sampai saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih menetapkan status gunung ini di level II, atau waspada.

Kondisi ini pun menyebabkan aktifitas pendakian ke Gunung Rinjani masih ditutup. Larangan ini mulai diberlakukan terhitung sejak 17 September lalu, dan sampai sekarang belum ada kejelasan kapan akan dibuka kembali. “Sampai saat ini pendakian ke Rinjani masih di tutup,” ungkap Kepala Resort Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sembalun, Zainuddin, Jum,at (4/11).

Pihaknya belum mengetahui pasti, kapan akan mulai dibuka. Sebab, mereka masih menunggu informasi dari pihak vulkanologi. Jika status dari level II diturunkan, para pendaki diperkenankan untuk melakukan pendakian. “Penutupan itu karena tanggal 27 September lalu gunung Baru Anak Baru Jari erupsi lagi. Jadi sampai sekarang statusnya masih waspada,” lanjut Zainuddin.

Selain karena erupsi, anomali  cuaca yang masih tidak menuntu diperkirakan menjadi salah satu penyebab dilakukan penutupan. Sampai saat ini Gunung Baru Jari masih mengeluarkan semburan abu Vulkanik. Namun semburan abu Vulkanik yang dikeluarkan tidak berdampak hingga ke pemukiman warga. Lokasi jatuh abu vulkanik itu hanya di sekitar kawah gunung tersebut. “Pihak Vulkanologi masih belum berani menurunkan statusnya,” jelasnya.

Selama pendakian ditutup, pihaknya tetap mengawasi dan menjaga semua pintu masuk pendakian. Mereka melarang keras masayarakat melakukan pendakian, hingga nanti dilakukan penurunan status.

Diketahui, aktifitas Gunung Baru Jari ini sejak beberapa waktu terakhir ini terus aktif menyemburkan abu Vulkanik. Terparah, semburan abu vulkanik terasa sampai ke luar daerah, seperti Bali. Hal ini bahkan menyebabkan sejumlah bandara saat itu terpaksa harus ditutup. Termasuk Lombok International Airport (LIA), atau Bandara Internasional Lombok (BIL). (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid