Pendaftaran PPPK Guru Tahap II Dibuka Pekan Ketiga November

Pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK untuk guru tahap II ini bakal dibuka pekan ketiga November 2021. (ist)

JAKARTA – Pemerintah berencana kembali membuka pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK untuk guru. Rencananya pendaftaran PPPK guru tahap II ini bakal dibuka pekan ketiga November 2021. Jadi, guru honorer yang belum lulus PPPK tahap I diminta menyiapkan diri. “Guru honorer yang belum beruntung di tahap I bisa mendaftar kembali,” ujar Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam webinar besutan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Wonogiri, Minggu (7/11) yang dikutip dari jpnn.com.

BACA JUGA :  Optimis Jadi Juara Nasional

Sedangkan untuk pelaksanaan tesnya, Nunuk mengungkapkan dilakukan awal Desember 2021. Hanya saja, dia belum bersedia menyebutkan tanggal pastinya. Alasannya penentuan tanggal masih sementara digodok di Panselnas. “Saya hanya bisa menyampaikan perkiraannya saja. Tanggal pastinya secepatnya kami sampaikan kepada publik,” ujarnya.

Dia menegaskan pemerintah akan tetap melakukan seleksi PPPK tahap II dan III. Dengan target mengisi formasi 506.232 yang sudah ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo dan ada surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) dari masing-masing kepala daerah.

BACA JUGA :  TGB Sebaiknya Fokus di Level Nasional

Lebih lanjut dikatakan langkah pemerintah menunda pendaftaran seleksi tahap II bertujuan untuk memberi waktu bagi Kemendikbudristek untuk melakukan evaluasi proses seleksi ASN PPPK guru tahap I agar selanjutnya tetap berjalan dengan adil dan transparan bagi guru honorer. “Kami mengajak seluruh guru honorer dan pihak terkait untuk tetap tenang sembari menunggu pengumuman selanjutnya. Tidak perlu terpengaruh oleh kabar maupun informasi yang tidak bisadipertanggungjawabkan,” kata Nunuk. (esy/jpnn)