Pendaftaran CPNS Berakhir, Jumlah Pelamar 55.611 Orang

Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

MATARAM – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berakhir hari ini, Senin (15/10). Hal itu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah. Data yang diterima Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, jumlah pendaftar CPNS membludak. Untuk formasi di pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, jumlah pelamar jauh melampaui perkiraan awal. “Sampai hari Sabtu kemarin, ada 55.611 orang yang melamar di 11 Pemda. Itu di luar masyarakat kita yang melamar di kementerian atau lembaga,” terang Kepala BKD Provinsi NTB H. Fathurrahman kepada Radar Lombok, Minggu (14/10).

BACA JUGA: BKD NTB Berikan Tips agar Lulus Tes CPNS

BKD memperkirakan jumlah pelamar di Pemprov NTB dan 10 kabupaten/kota, sekitar 35 ribu orang hingga 40 ribu. Namun faktanya lebih dari itu. Untuk pelamar CPNS di lingkup Pemprov NTB saja, jumlahnya mencapai 6.042 orang. Sedangkan jatah kursi yang tersedia hanya 433. “Jadi tentu akan terjadi persaingan ketat,” ucap Fathurrahman.

Selanjutnya pendaftar di Pemkot Mataram sebanyak 5.997 orang dengan ketersediaan 262 formasi. “Yang paling banyak itu di Lombok Barat, sudah ada 8.902 orang yang daftar. Mereka akan rebutkan 219 formasi,” imbuh Fathurrahman.

Selanjutnya di Lombok Tengah tersedia formasi 481 formasi dengan pendaftar hingga saat ini 3.231 orang. Berikutnya 6.593 orang pendaftar untuk 225 formasi di Lombok Timur. Kemudian 4.753 orang pendaftar untuk 274 formasi di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebanyak 2.569 orang pelamar untuk 238 formasi, kemudian 4.615 orang pendaftar untuk 275 formasi di Kabupaten Sumbawa, 4.341 orang pendaftar untuk 229 formasi di Dompu, 7.202 orang pendaftar untuk formasi 352 di Pemkab Bima. Terakhir, sebanyak 1.365 orang pendaftar untuk 198 formasi di Pemkot Bima.

Khusus pelamar pada formasi CPNS Pemprov NTB, paling banyak diminati untuk guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. “ Tapi secara umum rata-rata banyak saja peminatnya. Gak ada yang sepi peminat,” ungkap Fathurrahman.

Ditegaskan, seleksi CPNS sangat murni. Tidak ada jalur lain untuk lulus. Para pelamar harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar berhasil. Tentu saja dengan menambah wawasan dan pengetahuan juga tentang seleksi CPNS.

Untuk mempersiapkan diri dengan baik, maka simulasi Computer Assisted Test (CAT) CPNS sangat penting bagi masyarakat. “Banyak aplikasinya sekarang. Silahkan masyarakat ikuti saja simulasi yang bertebaran saat ini,” ucapnya.

BACA JUGA: Daerah Dibebankan Triliunan Rupiah, Gubernur NTB Berharap Jokowi Datang Lagi

Hal yang harus diketahui, banyak pelamar dinilai tidak memenuhi syarat (TMS). Hal itu harus menjadi perhatian semua pelamar, baik yang sudah maupun belum mendaftar.”Ada yang syaratnya tidak lengkap. Atau lengkap, tapi ijazah tidak dilegalisir. Saya belum bisa pantau berapa yang tidak lulus administrasi saat ini. Nanti juga kan akan diumumkan resmi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fathurrahman juga menyampaikan lokasi pelaksanaan CAT nantinya. BKD NTB sendiri, telah menyiapkan dua lokasi, sebanyak 150 station CAT di lingkungan kantor dan 300 CAT di gedung Graha Bhakti. “Ada juga di kabupaten/kota,” tandasnya.(zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut