Pendaftar SNMPTN Unram Capai 3.079 Orang

snmptn
snmptn

MATARAM—Pembukaan jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kembali digelar sejak Rabu lalu (21/2). Adapun batas pendaftaran tersebut akan berkahir Selasa mendatang (6/3). Namun, setelah 3 hari pendaftaran berlangsung, Universitas Mataram (Unram) sudah dapat pendaftar sebanyak 3.079 orang.

Ketua Panitia PTN Unram, Prof Dr Ir Lalu Wiresapta Karyadi MSi mengatakan, kondisi pendaftaran saat ini masih sedang berjalan hingga 6 Maret 2018 mendatang. Masih ada kesempatan untuk sekolah-sekolah dan para orangtua yang ingin mendaftarkan siswanya lewat jalur SNMPTN.

Kesempatan yang terbilang cukup singkat ini, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin. Pasalnya, melalui jalur ini disebutnya cukup memudahkan siswa, terutama yang memiliki prestasi bagus. “Kesempatan masyarakat kita untuk masukkan anaknya lewat jalur SNMPTN ini masih panjang,” katanya, Selasa (27/2).

Pembagian jumlah sebanyak 3.097 pendaftar itu, lanjut Wire, sejauh ini terdiri dari dua bagian. Diantaranya, pendaftar yang memilih PTN Unram sebagai pilihan pertama terdapat 1.998 orang. Sementara, pendaftar yang memilih PTN Unram sebagai pilihan kedua terdapat 1.081 orang.

Jika dilihat dari persentase jumlah pendaftar sementara ini, Unram masih dijagokan sebagai kampus pilihan utama masyarakat. Adapun pembagian jenis pendaftar, sejauh ini terdiri dari Bidik Misi sebanyak 860 orang dan Sekolah Pendaftar terdapat 291 sekolah.

Di Unram sendiri lanjut Wakil Rektor Bidang Akademik ini, ada terdapat 35 Program Studi (Prodi) yang bisa dipilih pendaftar. Dari semua Prodi itu, masyarakat tidak dibatasi dari sekolah mana. Pasalnya, pada syarat pendaftaran yang ada, seperti biasa yakni persyaratan sekolah terdiri dari SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dengan melengkapi syarat mengisi PDSS secara lengkap dan benar.

Adapun persyaratan siswa pelamar, diantaranya siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan lulus pada tahun 2018, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS. Sisw bersangkutan juga harus memiliki peringkat terbaik di sekolah berdasarkan akreditasi sekolah. “Syarat-syaratnya untuk jalur SNMPTN ini tidak ada yang berubah, karena sama seperti tahun sebelumnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kasub Akademik Unram Dwi Suswanto mengungkapkan, seperti yang sudah ditentukan secara nasional. Batas pendaftaran jalur SNMPTN ini berkahir pada 6 Maret 2018 mendatang. Adapun batas waktu ini disebutnya cukup panjang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dengan demikian, kesempatan masyarakat memasukkan anaknya lewat jalur ini masih panjang. Adapun kaitannya dengan peningkatan jumlah pendaftar di jalur SNMPTN ini dibanding tahun sebelumnya belum bisa diketahui secara pasti. Apakh ada kenaikan atau justru penurunan.

Pasalnya, kondisi pendaftaran masih berjalan hingga Maret mendatang. “Kesempatan masyarakat dan sekolah kita masih panjang, jadi kita harapkan bisa dengan segera mendaftarkan siswanya,” harapnya. (cr-rie)