Pendaftar Siswa Baru di MAN 2 Mataram Mulai Menasional

ppdb
VERIFIKASI: Inilah puluhan calon siswa MAN 2 Mataram mengantri melakukan verifikasi data. (NASRI /RADAR LOMBOK)

MATARAM – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 secara online. Menariknya, proses penerimaan peserta didik di MAN 2 Mataram secara online tersebut pendaftarnya tidak hanya berasal dari Provinsi NTB saja, melainkan sejumlah daerah di Indonesia lainnya.

“Alhamdulillah setelah kita buka pendaftaran secara online, rupanya pendaftar juga banyak dari luar NTB,” kata Kepala MAN 2 Mataram, H Lalu Syauki, Rabu kemarin (6/6).

Dikatakannya, pelaksanaan PPDB berbasis sistem online  ini meru­pa­kan sa­lah­ satu inovasi penting madrasah da­lam mem­beri akses dan pe­luang ke­pada masya­rakat secara luas. Alhasil, pendaftar yang masuk di MAN 2 Mataram tidak hanya berasal dari dalam daerah NTB saja, melainkan juga cukup banyak pendaftar dari luar NTB, seperti DKI Jakarta, Bali dan juga NTT.

Artinya, dalam pelaksanaan PPDB berbasis online ini memberi ruang luas bagi siapa saja untuk mendaptarkan anaknya untuk belajar di MAN 2 Mataram. Kendati demikian, sesuai ketentuan, MAN 2 Mataram tetap mengikuti aturan dalam pelaksanaan PPDB, yakni memberlakukan sistim zonasi dengan memprioritas pendaftar dari sekitar lingkungan madrasah.

Lebih lanjut, Syauki menjelaskan, dalam pelaksanan PPDB berbasis online ini, calon sis­wa akan diklasifikasikan pada tiga kategori, yaitu sis­wa berprestasi, siswa kurang mampu dan masyarakat umu­m.