Pendaftar di MAN 2 Mataram Melebihi Kuota

PENDAFTAR: Nampak puluhan pendaftar datang mengikuti verifikasi ulang di MAN 2 Mataram (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MAN2 Mataram lewat jalur reguler cukup membludak. Dari 160 kursi yang disediakan, terdapat sebanayk 800-an pendaftar.

Sebelumnya madrasah ini membuka pendaftaran lewat jalur prestasi. Pada jalur ini dijatahkan kuota sebanyak 90 kursi.

“Kalau kita bandingkan dari kuota yang kita tentukan pada jalur reguler ini, jelas sekali peminatnya sangat membludak,” kata Kepala MAN 2 Mataram, H. Lalu Syauki MS, Rabu (7/6).

Pendaftaran lewat jalur prestasi dan reguler, jelasnya, sama-sama berbasis online. Untuk membuktikan data-data yang dikirim secara online, para pendaftar harus membuktikannya dengan membawa segala lampiran yang sudah dikirimnya ke madrasah.

BACA JUGA :  Peminat Perhotelan Meningkat, Siswa Pertanian Munurun

Awalnya, pihak MAN 2 Mataram mengaku tak menyangka jika peminat madrasah ini akan membludak. Pasalnya, para pendaftar tidak saja berasal dari Kota Mataram, tapi juga dari luar.

Meski tinggi peminat, ia memastikan akan tetap mengacu pada aturan K13. Dimana pihaknya akan menerapkan jumlah siswa ideal per kelas.

Konsekuensi aturan yang akan diterapkan, imbuhnya, para pendaftar diseleksi secara ketat. Hanya para pendaftar yang memiliki syarat dan kualifikasi terbaik yang akan diterima.

Sementara itu, Waka Humas MAN 2 Mataram, Yusuf mengatakan, pendaftaran jalur reguler sudah berlangsung setelah kegiatan ulangan selesai. Saat ini pihaknya tengah memverifikasi berkas-berkas pendaftar yang telah masuk. (cr-rie)