Pendaftar Baru Tiga Orang

Yogi Yulian Lusianto
Yogi Yulian Lusianto.( M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

Calon Sekda Lombok Timur

SELONG–  Proses pendaftaran jabatan Sekretariat Daerah (Sekda) Lombok Timur masih berjalan. Sesuai dengan jadwal awal, pendaftaran mulai dibuka sejak tanggal 12  Januari sampai dengan  28 Januari mendatang. Hingga menjelang penutupan, jumlah peserta yang telah melamar tidak banyak, tercatat baru tiga orang.‘’ Baru tiga orang daftar. Mungkin akan bertambah karena masih belum kita update kembali,” kata Kabid Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, Yogi Yulian Lusianto, Sabtu (25/1).

Namun Yogi sendiri tidak menyebutkan secara rinci siapakah dari tiga orang yang telah mendaftar itu.Dari informasi yang didapat koran ini, salah satu dari tiga itu merupakan pejabat di luar lingkup birokrasi Pemkab Lotim.  Yogi pun menambahkan, sesuai ketentuan jumlah pelamar yang memenuhi syarat minimal empat orang. Namun jika sampai batas waktu pendaftaran ditutup, jika jumlah yang mendaftar lebih dari empat namun yang memenuhi syarat kurang  dari empat orang maka bisa dipastikan waktu pendaftarannya berpeluang diperpanjang kembali. “Kalau kurang dari empat orang  yang memenuhi syarat, maka diberlakukan perpanjangan selama tujuh hari ‘’ tutupnya.

Diketahui, proses seleksi jabatan Sekda Lotim ini ditangani langsung oleh Pemprov. Tim Panselnya beranggotakan lima orang yang diketuai langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi NTB. Sedangkan untuk persyaratan pendaftaran sendiri, diantaranya minimal telah menduduki jabatan eselon II, kemudian sehat jasmani dan rohani termasuk bebas dari narkoba.  Salah satunya yang juga akan ikut merebut kursi jabatan Sekda ini ialah Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Lotim Lalu Dami Ahyani. Yang bersangkutan telah melengkapi berbagai persyaratan yang telah ditentukan.  Persyaratan pendaftaran sendiri akan diajukan dalam waktu dekat ini, sebelum pendaftaran ditutup.” Kalau cek kesehatan sudah. Tinggal mengajukan berkasnyanya saja. Secepatanya,” jawab Lalu Dami di ruang kerjanya, Jumat lalu.

Sebelumnya, Wakil Bupati Lotim, H. Rumaksi, mengatakan,  seleksi Sekda Lotim ini terbuka bagi siapapun. Entah itu pendaftarnya pejabat dari Lotim maupun dari luar , jika memenuhi persyaratan dipersilahkan ikut. Pansel ini lanjut dia, tak lain adalah untuk menjaring orang yang baik dan yang paling terbaik. Terutama Sekda terpilih itu harus memahami kondisi Lotim . Terlebih lagi, jabatan Sekda ini merupakan jabatan yang sangat strategis dalam menentukan kebijakan.” Supaya kita ketahui, Pansel ini untuk mempermudah kepala daerah untuk memilih Sekda yang terbaik. Maka dibantu oleh Pansel ‘’ imbuhnya.

Hasil seleksi dari tim Pansel  tersebut terang dia, itulah yang nantinya akan menjadi dasar dan pertimbangan bupati untuk menentukan siapakah yang dianggap tepat  untuk mejabat kursi Sekda  . Dalam artian, pimpinan kepala daerah punya kewenangan untuk menentukan siapa yang dianggap layak dan tidak.” Setelah hasil Pansel ini  diterima oleh bupati. Baru setelah itu akan disampaikan lagi ke gubenur.  Minimal ada tiga orang yang diajukan. Baru akan ditentukan satu. Yang pasti dalam penentuan Sekda ini, pasti ada hak subjektif dari kepala daerah,” terang Rumaksi.(lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid