Pencegahan Terorisme Melalui FKPT Kurang Meluas

Pencegahan Terorisme Melalui FKPT Kurang Meluas
PELANTIKAN: Pengurus FKPT NTB saat dilantik pada acara Rakernas FKPT VII di Jakarta, Minggu lalu.(Tony/Radar Lombok)

JAKARTA–Kegiatan pelibatan masyarakat dalam pencegahan tertorisme melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT)  ternyata cukup efektif, akan tetapi kurang meluas ke seluruh daerah, khususnya di kabupaten/Kota.

        Hal itu dikemukakan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Mayjen TNI, Hendri Paruhuman Lubis, dalam penutupan Rakornas FKPT VII di Jakarta, Rabu lalu (20/2).

Dijelaskan Hendri, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pencegahan terorisme melalui FKPT diakumulasi  secara nasional baru mencapai 7,93 persen.  Namun demikian anggota masyarakat yang sudah  tersentuh program, memiliki kontra radikalisme yang lebih baik dengan skor 24,96 persen dibanding 10,54 persen yang belum tersentuh program.

Melihat kenyataan ini, Hendri mendorong   32 FKPT se Indonesia  agar lebih meningkatkan kinerja dan semangat, membangun jaringan di semua lini, terutama awak media sehingga di tengah  keterbatasan, ativitas FKPT lebih  diketahui masyarakat di daerah di daerah dengan bantuan pemberitaan di media massa mupun offline.

‘’Bersama kita  hadapi segala tantangan. Melalui momentum Rakernas  FKPT ini, kami mengajak bapak/ibu pengurus FKPT untuk terus mempererat silaturrahmi dan meningkatkan koordinasi. Jangan sampai ada satu atau dua pengurus bergerak tanpa sepengetahuan pimpinan,’’ tandasnya.

Melalui Rakernas FKPT diharapkan  terus membenahi diri. Yang baik dapat terus dipertahankan dan yang kurang segera diperbaiki. ‘’Kita saling belajar satu sama lain  untuk  mendapatkan ilmu dan praktek terbaik dalam pencegahan terorisme  yang melibatkan masyarakat. Termasuk melibatkan para mantan narapidana terorisme yang telah sadar dan korban aksi terorisme agar dapat dimanfaatkan sebagai narasumber dan lain sebagainya, dalam upaya kontra radikalisme,’’ katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Hendri  berharap pengurus FKPT  mementingkan hal yang jauh lebih besar, yaitu keutuhan sebagai negara-bangsa dan para warganya. Ia yakin ketokohan pengurus FKPT dijiwai semangat  keikhlasan  dalam berjuang dan akan senantiasa membawa pesan damai di tengah masyarakat.  

Sementara itu dalam Rakernas FKPT VII di Jakarta, ikut dilantik pengurus FKPT NTB masa bakti 2020-2022 sebagai Ketua  Dr Drs H Lalu Syafi’i MM;  Sekretaris Lalu Aksar Ansori SP;  Wakil Ketua/Bendahara  H Fahroji SE MM;  Kabid Penelitian dan Pengkajian Dr Muhaimin SH MH; Kabid Media Massa, Hukum & Humas Tony Edy Wibowo SE; Kabid Agama, Sosial, Budaya  Falahuddin SAg MAg; Kabid Pemuda & Pendidikan Lalu Prima Wira Putra; Kabid Perempuan & Anak Atun Wardatun PhD; Staf Keuangan Dra Iswahidah; Staf Sekretariat Ni Wayan Eka AU SKom dan Staf IT Muhammad  Ichwan SKom.(tn)