Pencak Silat Tuntaskan Seleksi Atlet

Pencak Silat Tuntaskan Seleksi Atlet
SELEKSI: Inilah sejumlah atlet pencak silat saat mengikuti seleksi di Gedung Padepokan Pencak Silat GOR 17 Desember.( NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) NTB akhirnya selesai menggelar seleksi atlet yang bakal diturunkan di pra PON. Setidaknya, ada enam atlet yang terlibat jajal seleksi di gedung Padepokan Pencak Silat GOR 17 Desember Turide Mataram, 5-6 Oktober lalu.

Dari enam atlet itu, ada tiga atlet yang dinyatakan layak dan siap mewakili tim pra PON NTB di kelas B putra, B putri dan C putra.

Sekretaris IPSI NTB, Tajudin mengatakan, Seleksi yang digelar IPSI NTB di Mataram belum lama ini untuk menetapkan dua atlet putra dan satu atlet putri yang akan mewakili NTB. Mereka rencananya akan diturunkian di kelas B putra, B putri dan C putra di pra PON pencak silat tahun 2019.

“Kita sudah putuskan jumlah atlet yang lolos seleksi,” katanya, Selasa (8/10).

Dijelaskannya, dalam seleksi tersebut pihaknya hanya mencari tiga atlet saja. Ini karena pra PON pencak silat yang akan berlangsung di Jakarta, 12-17 November 2019 batal mempertandingkan kelas A putra dan A putri.

Padahal sebelumnya, pihak IPSI NTB sudah menetapkan satu atlet di kelas A putri, satu atlet kelas A putra, satu atlet kelas B putra dan satu atlet B putri lewat hasil Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018 lalu.  Mengingat di kelas C putra masih terlihat belum layak, akibatnya IPSI melakukan seleksi kembali.

Di samping itu, seleksi yang digelarnya memang sengaja untuk menguji kembali kualitas atlet NTB yang akan diturunkan dikelas C putra pada Pra-PON 2019. “Ada yang belum layak dan ada yang layak juga sih. Tapi sengaja kita gelar seleksi untuk menguji atlet terbaik kita,” lanjutnya.

Lewat seleksi yang berlangsung selama dua hari itu, pihak IPSI NTB telah memilih tiga atlet terbaik di kelas B putra, B putri dan C putra, yakni Muhammad Abim asal Kota Bima mewakili kelas B putra, Roni Pasarani asal Lobar di kelas C putra. Selanjutnya di kelas B putri Aina diwakili atlet asal Lombok Timur.

Sementara untuk kelas yang lain, seperti kelas C putri, D putra, D putri, E putra dan kelas lainnya sudah diseleksi lewat Porprov NTB 2019. Selanjutnya dalam waktu dekat ini pihak IPSI NTB akan segera merampungkan SK Tim Pra-PON NTB yang akan mewakili NTB di Pra-PON 2019.

“Total keseluruhan yang tampil di Pra-PON nanti sebanyak 20 atlet sama yang udah diseleksi,” pungkasnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid