Pencairan BOS Triwulan Pertama Tuntas

Ilustrasi Dana BOS

SELONG– Pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)   triwulan pertama untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Lombok Timur (Lotim) sudah tuntas.

Pencairan dana itu dilakukan pada Maret lalu. ‘’ Untuk semester pertama sudah 100 persen cair.Bahkan sudah digunakan oleh teman di sekolah untuk beraktivitas,” kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim, Muhir, Jumat kemarin (7/4).

[postingan number=3 tag=”bos”]

Setelah ini lanjutnya tinggal dilakukan pencairan BOS untuk triwulan kedua. Namun untuk pencairan triwulan kedua ini, mereka masih menunggu proses penyerahhan Surat  Pertanggung Jawaban (SJP) dari masing-masing sekolah terkait penggunaan dana BOS  untuk triwulan pertama .

‘’ Karena ditekankan, BOS itu akan ditandatangani jika SPJ yang diserahkan sekolah itu lengkap. Sehingga mereka nanti tidak kelabakan, ketika laporan tahunan untuk dana BOS ini ,” ungkap Muhir.

Untuk BOS tahap pertama, besar anggarnya yang diterima disesuaikan dengan peruban komposisi anggaran. Dimana setiap sekolah menerima 20 persen dari total keseluruhan dana BOS yang diterima dalam setahun. ‘’ Kalau mereka dapat Rp 100 juta berarti 20 persen dari jumlah itu,” lanjutnya.

Di Lotim sendiri,jumlah sekolah yang menerima dana BOS ini sebanyak 724 sekolah baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta. Dari jumlah itu, diperkirakan total anggaran BOS setiap tahunya  yang digelontorkan pemerintah pusat untuk Lotim mencapai ratusan miliar.

‘’ Memang besar, tapi itu langsung ke sekolah,” tutup Muhir. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid