Pemulung TPA Kebon Kongok Dapat Bingkisan

BINGKISAN : Polwan Polres Lombok Barat membagikan bingkisan kepada para pemulung di TPA Kebon Kongok Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung saat berlangsung Bakti Sosial kemarin (Hery/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Ratusan pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Dusun Kebon Kongok Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung mendapat bingkisan dari polisi wanita (Polwan) Polres Lombok Barat sekitar pukul 09.00 Wita, Rabu (31/8). Bagi-bagi bingkisan ini sebagai bentuk kepedulian Polres Lombok Barat dalam rangka merayakan HUT Polwan dan Lantas.“ Bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap para pemulung di TPA Kebon Kongok,” ungkap Kapolres Lombok Barat AKBP Wengky Adhitiyo Kusumo kepada Radar Lombok, Rabu (31/8).

Bingkisan terdiri dari alat-alat kerja pemulung seperti sarung tangan, masker, karung plus nasi bungkus. Polisi sengaja menyasar TPA sebagai gambaran polisi tidak canggung turun memberikan pengayoman dan pembinaan, termasuk kepada para pemulung yang oleh sebagian pihak dianggap sebagai pekerja kasar. Kapolres menjelaskan, banyak pemulung yang bekerja tanpa memperhatikan kesehatan dan keamanan mereka. Karena itulah polisi memberikan bantuan alat agar pemulung bisa bekerja dengan aman dan nyaman. “Ini sebagai bentuk empati kami. Ke tempat bau pun kami datang. Semoga ini bermanfaat,” pungkasnya.(flo)

TPA Kebon Kongok adalah tempat pembuangan sampah dua daerah yakni Lombok Barat dan Kota Mataram. Setiap hari ada ratusan pemulung yang mengais rezeki dengan mengumpulkan sampah yang bernilai ekonomis di tempat ini. Sebagian besar berasal dari Desa Suka Makmur. Namun  tidak sedikit juga berasal dari luar desa setempat. (flo)