Pemuda Muhammadiyah dan Karang Taruna Dukung Ali-Sakti

Ali Sakti
DISAMBUT: DPW Pemuda Muhammadiyah NTB menyambut cagub Ali BD sebelum diskusi. (DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Calon gubernur dan wakil gubernur NTB nomor urut 4 HM Ali Bin Dachlan dan TGH Lalu Gede Muhammad Wirasakti Amir Murni (Ali-BD) mendapatkan dukungan dari kalangan pemuda. Salah satunya adalah  Pemuda Muhammadiyah NTB.

Hal itu disampaikan Pengurus Pemuda Muhammadiyah NTB, Muhammad Ali ketika Ali BD menghadiri rapat pimpinan DPW Pemuda Muhammadiyah NTB di kantornya di Jalan Lingkar  Selatan Kota Mataram, Sabtu (8/4). Acara tersebut dihadiri ratusan peserta dari berbagai daerah di NTB, termasuk dari pulau Sumbawa. “Kita do’akan semoga bapak doktor kita ini (Ali BD) menjadi Gubernur Nusa Tenggara Barat,” ucap Muhammad Ali memberikan doa kepada Ali BD.

Muhammad Ali mengakui, semua calon gubernur sudah  diundang untuk berdiskusi dan menyampaikan visi misinya sebagai calon gubernur di hadapan pemuda Muhammadiyah. Akan tetapi, dari semua calon yang sudah diundang hanya Ali BD yang berani menyanggupinya.

Menurut Muhammad Ali, sangat disayangkan calon lain yang pernah diundang tetapi tidak mau menyanggupinya. Padahal, bagaiamana bisa masyarakat tahu dan yakin  kepada calon pemimpinnya jika diundang untuk berdiskusi dan menyampaikan visi misinya saja mereka tak mau hadir. Untuk itulah Muhammad  mendo’akan Ali BD untuk bisa menjadi gubernur NTB karena sosoknya diyakini mampu membawa perubahan untuk daerah NTB kedepannya.

Sementara itu, Ali BD dalam pidato politiknya menyampaikan, bahwa ia datang bukan untuk minta-minta dukungan  karena itu bukan jati dirinya. “Di mana-mana saya diundang, tidak pernah meminta mereka untuk mendukung saya. Saya  berbeda dari calon yang  lain.Saya tidak mau menawar-nawarkan diri karena itu bukan prinsip hidup saya,” tegasnya.

Ali BD menyampaiakan kepada peserta, bahwa ia hanya ingin mengingatkan atau  mencerahkan pikiran peserta yang hadir agar tidak salah memilih pemimpin. Pilihlah pemimpin yang ahli dan mampu berbuat adil. Mengenai siapa calon gubernur yang masuk kategori itu, Ali BD menganggap masyarakat sudah bisa menilai sendiri.

Ali BD mengklaim bahwa ia adalah satu-satunya calon gubernur yang dicalonkan oleh rakyat dan rugi rakyat kalau  tidak memilihnya. “Kalau anda tidak memilih nomor 4, saya tidak senang. Saya tidak senang bukan karena anda tidak memilih saya, tetapi saya tidak senang karena kenapa anda begitu bodoh,” cetusnya diiringi tepuk tangan meriah dari peserta yang hadir merenungi ucapan Ali BD.

Ali BD meyakini pilihannya maju melalui jalur independen adalah pilihan terbaik, karena rakyat sendiri yang mencalonkannya. Berbeda dengan calon lain yang didukung beberapa partai dan itu dianggap rentan bagi terjadinya tindak pidana korupsi nantinya. Hal itu didasari dengan mahalnya biaya menggunakan partai politik. Diakui atau tidak yang pasti menggunakan partai itu tidak gratis dan beberapa calon yang lain sudah mengakui hal itu.

Terakhir, Ali BD menyampaikan niatnya utuk menjadi pemimpin bukan karena materi. Ia mengakui kekayaannya berkurang selama jadi Bupati Lombok Timur. Alasannya mencalonkan diri menjadi pemimpin karena ada visi yang dibawa. Visinya adalah untuk  membawa perubahan bagi daerah yang dipimpinnya. Oleh sebab itu, Ali BD mengatakan, jika ada yang hanya ingin mencalonkan dirinya sebagai bupati atau gubernur, tetapi tidak mempunyai pemikiran mendasar untuk membawa perubahan daerah, lebih baik mereka tidak usah nyalon. Ali BD menganggap itu  hanya membuang-buang waktu  dan energi.

Selesai berpidato, Ali BD kemudian melakukan dialog bersama peserta rapat pimpinan wilayah  Pemuda Muhammadiyah. Para peserta diberikan kesempatan bertanya dan salah satu di antara mereka dari Sumbawa yaitu Andi mengajukan  pertanyaan ke Ali BD. Peserta  tersebut  menanyakan komitmen Ali BD terkait dukungannya untuk pendirian Provinsi Pulau Sumbawa (PPS). Ali BD kemudian menjawab bahwa ia akan konsisten pada pendiriannya untuk mendukung pembentukan PPS. Berdasarkan hasil survey, sebanyak 82 persen masyarakat Sumbawa menginginkan PPS dan itu patut didukung.

 Pulau Sumbawa dianggap memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa dan lahannya cukup luas. Tetapi aneh menurut Ali BD jika masyarakat Sumbawa menginginkan PPS, sedangkan orang Sumbawa mau jadi gubernur di Lombok. Untuk itu, Ali BD mempersilakan salah satu kandidat calon gubernur dari Sumbawa untuk jadi gubernur nantinya di PPS. 

Pada Sabtu malam, Ali BD juga menemui masyarakat Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Dalam kesempatan yang dirangkai dengan Isra dan Mkraj Nabi itu itu, Ali BD menyapa Karang Taruna Desa Banyumulek. Kehadiran cagub ini mendapatkan respon positif pemuda setempat. Sehingga menyematkan gelar Ali BD sebagai Pelopor Pemuda NTB. Karena dianggap perhatian dan tanggap terhadap pemuda. “Selamat datang kami sampaikan kepada bapak Ali BD Pelopor Pemuda NTB,” ungkap perwakilan Karang Taruna Desa Banyumulek.

Dalam sambutannya Ali BD menyampaika ucapan terima kasih kepada para pemuda dan masyarakat Desa Banyumulek. Ia mengaku sangat bangga  dengan kegiatan para pemuda. “Saya senang dengan pemuda yang melaksanakan kegiaatan-kegiatan yang positif ini harus kita dukung,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pemuda itu harus diberikan ruang mengembangkan potensinya. Pemerintah harus memberikan akses untuk mengembangkan pikiran dan ruang dari kraetivitas pemuda, terutama di NTB. “Pemuda itu dinamis, progresif dan radikal,” sebutnya.

Tapi, kata radikal yang dimaksud Bupati Lotim nonaktif ini adalah radikal dalam artian pemuda ingin cepat.”Radikal yang saya katakan itu jangan dikonotasikan negatif ya,” lanjutnya. Tetapi, radikal yang dimaksudkan yakni pemuda ingin serba cepat. Cepat dalam segala hal di mana pemuda itu ingin perubahan secara cepat. ‘’Oleh karena itu pemerintah harus memberikan  peluang, memberikan akses dalam berbagai kesempatan,’’ tutupnya. (tim)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut