Pemprov Usulkan Rp 700 Miliar Bangun Fasilitas Pendukung Mandalika

AKAN DITAMBAH: Pemprov NTB mengusulkan anggaran Rp 700 miliar untuk penambahan Sirkuit Mandalika ke pemerintah pusat. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pemprov NTB masih melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat soal fasilitas pendukung gelaran MotoGP yang akan digelar pada Maret 2022 mendatang.

Hal tersebut disampai Sekda Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi saat dikonfirmasi mengenai fasilitas pendukung dalam menyambung gelaran balapan motor kelas dunia yang akan di gelar di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit. “Teman-teman masih konsoludasi dengan pusat. Dengan kementerian lembaga masing-masing dan kita pantau baik dari Bappeda maupun kami untuk disingkronkan, saat ini teman-teman masih koodinasi karena usulan-usulan masih dinamis,” ujar Gita usai hadiri rapat paripurna di DPRD Provinsi NTB, Senin (20/12).

Sekda juga belum dapat memastikan mengenai kepastikan realisasi anggaran yang akan dipergunakan untuk pembangunan fasilitas pendukung perhelatan MotoGP. Meski waktu pelaksanan tinggal beberapa bulan saja. “Untuk kepastiannya. Ya kita tunggu dari sana (pemerintah pusat) karena sama-sama cari peluang. Tapi komitmennya positif untuk membantu, tinggal secara tehnisnya teman-teman akan segera memberikan report,” katanya.

BACA JUGA :  Kapal Pesiar akan Disiagakan untuk Mendukung Event MotoGP

Fasilitas pendukung seperti akses jalan depan Sirkuit Mandalika dengan nama ruas Kuta-Keruak sepanjang 5,3 kilometer yang akan diperlebar seperti jalan bypass dua jalur dan empat lajur dengan lebar 30 meter. Anggaran yang dibutuhkan untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika direncanakan sebesar Rp 140 miliar. Bahkan di tahun 2022, sudah diperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 16 miliar. Sehingga, masih ada kekurangan anggaran sebesar Rp 124 miliar.

Dalam mengatasi kekurangan anggaran tersebut, setidaknya ada dua opsi yang direncanakan pemerintah pusat untukpembenahan kekurangan-kekurangan infrastruktur pendukung jelang MotoGP Mandalika 2022. Pertama, DAK untuk NTB ditambah dan penambahan dana APBN yang dikelola oleh kementerian terkait. “Mudah-mudahan ada penambahan-penambahan signifikan dari berapa hal kekurangan-kekurangan untuk segera teratasi,” harapanya.

BACA JUGA :  Waspada 11 Bencana Rutin NTB

Terlebih, kata Gita tidak hanya untuk pembenahan jalan saja. Tapi penataan irigasi dikawasan Sirkuit Mandalika juga akan dibenahi serta fasilitas pendukung lainnya. Sehingga pihaknya hingga saat ini sedang memperjuangkan agar pelaksanaan proyek dapat digebut sebelum event motoGP dilaksanakan. “Makanya kita sedang berjuang untuk semua fasilitas pendukung dapat segera dilaksanakan. Dan harapan kita Januari sudah dapat dilaksanakan untuk percepatan-percepatan sehingga kita bisa sinergikan,” tambahnya.

Sekda menyebutkan besaran usulan anggaran yang diajukan mencapai sekitar Rp 700 miliar di beberapa kementerian lembaga. Tetapi mengenai berapa jumlah yang akan disepakati, pihaknya tentu masih melihat respon berapa yang akan disepakati dari beberapa Kementerian lembaga. “Kita sudah mengusulkan sekitar Rp 700-san miliar di beberapa Kementerian lembaga. Ya berapa responsnya nanti kita akan lihat,” pungkasnya. (sal)