Pemprov Usulkan 4.603 Kuota CPNS

Pemprov Usulkan 4.603 Kuota CPNS
REKRUTMEN CPNS : Pemprov NTB mengusulkan ribuan kuota CPNS tahun ini. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB telah tuntas melakukan rekapitulasi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Terutama untuk nomenklatur jabatan-jabatan tertentu yang akan dilakukan rekrutmen CPNS.

Kepala BKD Provinsi NTB, H Fathurrahman mengungkapkan, terdapat 5 nomenklatur jabatan yang akan dilakukan rekrutmen CPNS untuk lingkup Pemprov NTB. “Kita usulkan kebutuhan PNS lagi kepada Menpan-RB sebanyak 4.603 orang,” terangnya kepada Radar Lombok, Senin kemarin (15/5).

Dipaparkan, sebanyak 4.603 kuota yang diusulkan tersebut terdiri dari tenaga kesehatan 757 orang, tenaga teknis 945 orang, guru SMA 1.495 orang, guru SMK 1.322 orang dan guru Sekolah Luar Biasa (SLB) 84 orang.

Berdasarkan kebutuhan Analisis Beban Kerja (ABK) di Pemprov NTB, dibutuhkan tenaga kesehatan sebanyak 1.633 orang. Sementara jumlah PNS yang ada saat ini hanya 876 orang. “Makanya kekurangan 757 orang untuk tenaga kesehatan,” ucap Fathurrahman.

Jenis tenaga kesehatan yang diusulkan untuk penambahan PNS seperti dokter spesialis, dokter gigi, perawat ahli, apoteker, psikolog, bidan terampil, penyuluh kesehatan masyarakat, perawat gigi, fisioterapis dan lain-lain. “Ada 18 kriteria di tenaga kesehatan ahli,” imbuhnya.

Kemudian untuk tenaga teknis, kebutuhan sesuai ABK sebanyak 1.124 orang dan yang ada saat ini hanya 179 orang. Berikutnya guru SMA status PNS yang ada saat ini 810 orang dari kebutuhan 2.325 orang.

Selanjutnya BKD juga mengusulkan untuk jabatan guru SMK. Kebutuhan sesuai ABK sebanyak 1.779 orang, sementara yang ada saat ini hanya 57 orang. Terakhir guru SLB masih membutuhkan PNS sebanyak 84 orang. “Intinya kita mengusulkan seluruh nomenklatur jabatan,” ucap Fathurrahman.

Disampaikan juga, sebanyak 4.603 kuota PNS yang diusulkan belum termasuk usulan dari kabupaten/kota. Mengingat, pemerintah kabupaten/kota langsung mengirim usulan ke Kementerian PAN-RB. Saat ini, semua pemerintah daerah (Pemda) tinggal menunggu jumlah kuota atau jumlah formasi CPNS yang diberikan dari pemerintah pusat. “Kita menunggu dan berharap usulan kita dapat diterima seluruhnya,” kata Fathurrahman.

Setelah itu, MenPAN-RB akan menetapkan formasi jabatan dan mengeluarkan izin prinsip untuk rekrutmen CPNS. Kemudian barulah ditetapkan teknis rekrutmen seperti penyelenggara dan mekanisme rekrutmen.

Fathurrahman berharap semua usulan kuota CPNS bisa dikabulkan oleh pemerintah pusat. Mengingat, banyak PNS yang telah memasuki usia pensiun sehingga beban kerja cukup berat. “Makanya itu harapan kita, untuk lingkup Pemprov bisa ribuan jumlah kuotanya,” tandas Fathurrahman.

Rekrutmen tahun ini benar-benar mengutamakan kualitas. Mulai dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus minimal 3,8. Namun secara detail, dirinya belum mengetahui teknis rekrutmen. Pihaknya hanya mengusulkan dan menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Terdapat berbagai kemungkinan untuk mekanisme rekrutmen. Bisa saja pemerintah pusat yang langsung melakukan rekrutmen. Ada juga kemungkinan diserahkan ke Pemprov NTB atau diselenggarakan oleh Pemda masing-masing. (zwr)

Usulan CPNS Pemprov NTB 4.603 Kuota

Rinciannya :

– Tenaga Kesehatan  757 Kuota,

– Tenaga Teknis 945 Kuota

– Guru SMA 1.495 Kuota

– Guru SMK 1.322 Kuota

– Guru SLB 84 Kuota.

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid