Pemprov Diminta Prioritaskan Perbaikan Jalan Gili Mas

RUSAK: Kondisi jalan menuju pelabuhan Gili Mas yang kondisinya rusak dan butuh perhatian Pemprov NTB. (Fahmy/ Radar Lombok)

GIRI MENANG – Jalan menuju pelabuhan Gili Mas rusak dan menjadi sorotan selama ini. Kondisi jalan yang rusak membahayakan pengendara. Apalagi ini adalah jalan strategis.

Kalangan DPRD Lombok Barat meminta Pemerintah Provinsi NTB menjadikan perbaikan jalan pelabuhan Gili Mas menjadi prioritas di tahun 2023.”Harus menjadi prioritas untuk segera dieksekusi anggarannya,” tegas Abu Bakar Abdullah, anggota DPRD Lombok Barat, Rabu (14/12).

Perbaikan infrastruktur jalan kawasan pelabuhan Lembar dan Gili Mas dinilai Abu harus menjadi skala prioritas. Sebab jika tidak justru akan merugikan daerah. Mengingat dua pelabuhan itu menjadi pintu masuk Lombok. Terlebih Gili Mas sudah mulai ramai didatangi kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara.”Kalau tidak segera diperbaiki, kita akan kalah cepat dengan daerah tetangga kita,” imbuhnya.

Demi memberi rasa nyaman bagi masyarakat termasuk perkembangan destinasi wisata tentu daerah harus fokus pada bagaimana infrastruktur pendukungnya seperti jalan. “ Karena jalan yang saling terkoneksi dengan destinasi lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lobar Satu-satunya Berstatus PPKM Level 1 di NTB

Abu mengatakan harus ada semangat yang lebih kolaboratif dan lebih inovatif untuk membangun daerah secara bersama-sama.

“ Komunikasi pembangunan menjadi media yang sangat penting dalam membagi peran masing-masing untuk kemajuan daerah,” tegasnya.

Pemprov diharapkan peka atas kondisi jalan rusak menuju pelabuhan Gili Mas Lembar. Pasalnya kondisi jalan berlubang dan dan bergelombang itu justru lebih diperhatikan oleh pihak kepolisian dengan melakukan penambalan yang ddilakukan beberapa waktu lalu.

Namun Pemda selaku penanggung jawab hingga kini belum melakukan perbaikan jalan itu.” Kita harus mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak kepolisian. Tapi di sisi lain pemerintah daerah baik propinsi dan kabupaten harus peka dan lebih sensitif dalam menjawab kebutuhan publik terkait biaya perawatan infrastruktur untuk kepentingan masyarakat banyak,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tipu Penjual Motor, Supar Ditangkap

Sebelumnya Sekda Lobar, H. Ilham mengaku Pemkab Lobar terus mengingatkan pentingnya perbaikan jalan itu. Bahwa jalan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat terlebih itu menjadi pintu masuk daerah.

“ Kita terus menyuarakan ke provinsi, tetapi ternyata provinsi juga sedang mencari jalan (penganggaran) untuk menyelesaikan persoalan kita bersama ini,” imbuhnya.

Sebab Ilham menilai permasalahan jalan itu menjadi permasalahan bersama. Karena kunjungan wisata ke Lombok dari Gili Mas bukan menjadi harapan Lobar saja namun juga semua kabupaten/kota di NTB. “Dan Pemprov NTB juga tau itu pintu masuk sehingga akses jalan (Gili Mas) perlu diperhatikan dan saya rasa mereka tahu itu,” ungkapnya.(ami)

Komentar Anda