Pemkot Mataram Apresiasi Inovasi

Mobil listrik
KARYA: Mobil listrik salah satu karya mahasiswa Fakultas Tenik Unram dicoba PLT Wali kota Mataram H. Mohan Roliskana. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Pekan Inovasi dan Gelar Teknologi Tepat Guna Kota Mataram tahun 2018 dibuka secara resmi, Senin (26/3) oleh Plt Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana. Pemkot kata Mohan mengapresiasi segala inovasi teknologi yang dibuat oleh warga. Bahkan inovasi tersebut akan diadopsi sekaligus akan dibiayai oleh Pemkot.

Misalnya alat teknologi pengolahan sampah serta inovasi lainya. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Umum Sangkareang.

Plt Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengatakan, kegiatan ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota Mataram dalam rangka mendorong dan memfasilitasi perubahan ke arah yang lebih baik dalam berbagai dimensi pembangunan, yang semua itu dihajatkan agar pembangunan di Kota Mataram dapat berjalan seperti yang diharapkan. Semua itu menurut Mohan, berangkat dari kesadaran bahwa gerak dan dinamika pembangunan di Kota Mataram tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Akan tetapi membutuhkan sinergitas dengan melibatkan seluruh stakeholders yang ada. Sehingga nantinya diharapkan dapat menghadirkan kebijakan yang terkait serta berbasis pada kearifan lokal. Dengan demikian pembangunan dapat berjalan lancar, teratur, dan aman. “Agar setiap kebijakan senapas dengan harapan masyarakat,” ucapnya.

Dilanjutkan Mohan, menurut Permendagri Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pemberdayaan Masyarakat, memberi amanat kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk melakukan pembinaan yang salah satunya melalui kegiatan Pekan Inovasi dan Gelar TTG. Kegiatan tersebut menurutnya merupakan salah satu upaya strategis untuk menyebarluaskan informasi dan pengembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjawab permasalahan, serta menciptakan terobosan untuk menghasilkan inovator-inovator baru yang berasal dari masyarakat. Bila pada kegiatan saat ini kalangan pendidikan dapat ikut terlibat, Mohan juga berharap agar kedepan ada juga peserta dari kalangan dunia usaha untuk ikut serta menunjukkan inovasi. “Karena kreativitas adalah sumber kemakmuran yang tidak ada habis-habisnya”, tekannya.

Usai membuka secara resmi Pekan Inovasi dan Gelar TTG Tahun 2018 Tingkat Kota Mataram yang ditandai dengan pemukulan Gendang Beleq dan menerbangkan balon ke udara, Mohan beserta seluruh tamu undangan yang hadir berkesempatan untuk melakukan peninjauan di semua stan yang menampilkan hasil-hasil inovasi dari masing-masing peserta.

Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Mataram Miftahurrahman dalam laporannya mengatakan, kegiatan Pekan Inovasi dan Gelar TTG tahun 2018 Kota Mataram menampilkan 36 hasil inovasi dari seluruh OPD lingkup Kota Mataram, dan hasil teknologi dari masyarakat yang diakumulasi melalui Posyantek (Pengurus Pos Pelayanan Teknologi) Kecamatan yang dilantik beberapa waktu yang lalu.(dir)