Pemkot Kembali Tidak Gelar Perayaan Tahun Baru

DITIADAKAN : Pemkot Mataram kembali tidak menggelar kegiatan malam tahun baru.  (Ali Mashum/Radar Lombok)

MATARAM – Pemkot Mataram melalui Dinas Pariwisata memastikan tidak akan menggelar kegiatan perayaan tahun baru. Keputusan pemerintah ini sama dengan tahun sebelumnya yang tidak menggelar kegiatan pergantian tahun. Maka dipastikan, menuju tahun 2024 tidak ada kegiatan yang dilaksanakan pemerintah. Tidak ada kegiatan yang kita laksanakan. Alasannya biar masyarakat beracara sendiri dan masing-masing bersama keluarga, ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Nizar Denni Cahyadi, Kamis (21/12).

Kebijakan yang diputuskan pemerintah ini menurutnya dengan pertimbangan jelas. Tanpa kegiatan yang diselenggarakan pemerintah, akan mengurangi potensi penumpukan massa di Kota Mataram. Karena setiap malam pergantian tahun, tentunya akan menarik animo masyarakat di setiap lokasi kegiatan.

Itu kita hindari agar tidak ada penumpukan massa, katanya.
Tidak adanya kegiatan perayaan pergantian tahun bukan hal baru di Kota Mataram. Sejak pandemi Covid-19, Pemkot Mataram memang tidak pernah mengelar kegiatan pergantian tahun seperti sebelumnya. Memang tidak kita laksanakan sudah beberapa tahun terakhir, ungkapnya.

Pertimbangan lainnya, kegiatan di malam pergantian tahun sudah cukup banyak digelar di Kota Mataram. Baik oleh hotel, kafe punya acara sendiri. Bahkan masyarakat sejak jauh sebelumnya sudah membuat rencana perayaan sendiri. Jadi pemerintah kota ya sudah tinggal memantau saja perkembangan dari kegiatan-kegiatan masyarakat ini, terangnya.

Meski demikian, destinasi wisata di Kota Mataram tetap dibuka di malam pergantian tahun. Masyarakat diperbolehkan mendatangi destinasi wisata. Untuk pengawasannya nanti dikoordinasikan dengan kepolisian, TNI dan Forkopimda Kota Mataram.

Pemantauan dipastikan akan dilakukan oleh pemerintah di malam pergantian tahun. Pak Wali juga kan bersama Forkopimda pasti keluar melakukan pemantauan keliling, jelasnya.
Untuk menjaga kondisi keamanan dan kamtibmas yang kondusif, Denni mengimbau masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun secara berlebihan. Perayaan tahun baru disebutnya bisa dilaksanakan dengan wajar. Jangan berlebihan melakukan kegiatan di malam tahun baru itu.

Bagaimana pun efeknya juga banyak. Selain merugikan masyarakat itu sendiri, banyak masyarakat yang akan dirugikan jika melakukan kegiatan-kegiatan yang terlalu berlebih dan kesannya negative. Lebih baik beracara di rumah masing-masing.

Entah itu ngegrill atau barbeque segala macam. Kita lihat kondisi zaman sudah mulai berubah sekarang, harapnya.
Kasatpol PP Kota Mataram, Irwan Rahadi mengatakan, meski tidak ada kegiatan perayaan tahun baru yang digelar pemerintah. Pengawasan dipastikan tetap dilakukan dengan maksimal. Untuk malam pergantian tahun kita akan tetap patroli dan berkoordinasi dengan TNI/Polri, katanya. (gal)

Komentar Anda