Pemkot Gratiskan Gelaran Seni Budaya di Teras Udayana

TERAS UDAYANA : Pemkot Mataram akan menggratiskan pagelaran seni budaya di Teras Udayana. (Ali Ma'shum/Radar Lombok)

MATARAM – Pembangunan Teras Udayana yang dilengkapi dengan arena pertunjukan seni (Amphitheater) sudah dirampungkan akhir tahun lalu. Untuk pemanfaatannya, Pemkot Mataram akan menggratiskan gelaran seni dan budaya di amphitheater yang berdiri megah tersebut. Tempat ini akan digratiskan untuk sanggar yang akan melaksanakan pertunjukan seni dan budaya. “Nanti ini gratis, silakan dimanfaatkan kita fasilitasi dia untuk tempat termasuk juga untuk persiapan daya penerangan listrik yang dibutuhkan supaya mereka leluasa untuk memanfaatkan tempat ini,” ujar Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana usai mengunjungi Teras Udayana, Selasa (2/1l).

Saat ini, Teras Udayana masih menunggu peresmian yang direncanakan digelar 12 Januari mendatang. Sejak perencanaan, Teras Udayana memang dipersiapkan menjadi arena pagelaran seni budaya dan hiburan masyarakat. “Besok kita persilakan masyarakat yang memiliki bakat seni dan komunitas serta sanggar-sanggar di sini,” katanya.

Untuk itu, Wali Kota mempersilakan sanggar maupun komunitas seni dan budaya yang ingin berkegiatan, bisa melaksanakannya di Teras Udayana. “Ini sebagai ruang ekspresi untuk mereka. Kita persilakan dan akan dijadwalkan sehingga masyarakat atau publik tahu jadwalnya dan agenda kegiatan-kegiatannya apa, misalnya Minggu ini apa terus Minggu depan apa. Nanti akan tersusun rapi jadwalnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tiga Besar Calon Kadis Segera Ditentukan

Wali Kota berharap, Teras Udayana yang dilengkapi amphitheater dengan kapasitas ribuan penonton itu bisa menjadi ikon baru di Kota Mataram. Lokasi baru ini bisa dimanfaatkan oleh warga kota secara keseluruhan. “Sehingga secara keseluruhan kawasan Udayana ini sudah bisa terlengkapi semua fasilitas yang kita persiapkan di sini. Tempat ruang olahraganya ada, ruang untuk rekreasional ada dan juga ruang untuk hiburan atau entertainment juga ada di Udayana ini,” terangnya.

Untuk mengatur dan pemanfaatan Teras Udayana secara keseluruhan, Wali Kota sudah menginstruksikan untuk membuat unit khusus yang mengelola Teras Udayana. Unit khusus ini dilengkapi dengan petugas jaga dan kebersihan yang akan menangani. “Jadi nanti ini kan terintegrasi dia dengan sentra kuliner yang ada di sini. Bisa untuk UMKM juga di sini. Pengelolaanya unit khusus tetapi bukan UPTD, itu nanti akan berada di bawah Dinas Pariwisata,” jelasnya.

Baca Juga :  Akun Sewa Pacar Dilaporkan

Unit khusus ini nantinya dibekali dengan anggaran yang memadai untuk pemeliharaan dan pemanfaatan Teras Udayana. “Seharusnya begitu (ada anggaran),” pungkasnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Nizar Denny Cahyadi mengatakan, pengerjaan Teras Udayana sudah dirampungkan dan tinggal menunggu peresmian sebelum dibuka dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Pengerjaan Teras Udayana senilai Rp 5,6 miliar yang pembiayaannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata. “Tinggal tunggu peresmian nanti. Setelah itu akan digunakan sebagai tempat pagelaran seni dan budaya,” katanya. (gal)

Komentar Anda