Pemkot Gelontorkan Santunan Lebaran Rp 2 Miliar

SANTUNAN LEBARAN: Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana menyerahkan santunan lebaran secara simbolis kepada petugas kebersihan dan lainnya, kemarin. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menggelontorkan santunan lebaran kepada 10.568 penerima. Penyerahan dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Mataram. Santunan ini diantaranya untuk ratusan pasukan kebersihan. Terdiri dari petugas kebersihan Dinas PUPR, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), petugas kebersihan DPKP.  Kemudian untuk  102 lembaga atau madrasah di Kota Mataram.

Berikutnya untuk 237 marbot masjid se-Kota Mataram. Lalu untuk ormas, TPQ, Asuhan Keluarga, Panti Asuhan, santunan muallaf, santunan fakir miskin dan 1000 sembako untuk lansia. Total secara keseluruhan, Pemkot Mataram menggelontorkan santunan lebaran kepada 10.568 penerima. “Alhamdulillah semoga bantuan ini bisa dipergunakan dan membantu ibu dan bapak semuanya,” ujar Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana usai menyerahkan santunan secara simbolis, kemarin (4/5).

Santunan kata dia diberikan secara rutin setiap tahunnya. Santunan ini diinisiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram. Baznas adalah institusi resmi. Di mana pendanaannya sudah dikelola dengan baik. Kemudian semuanya dilaksanakan dengan penuh amanah. “Oleh karena itu, hari ini bapak ibu semuanya mendapat santunan,” katanya.

Mohan mengatakan, ada banyak penerima santunan tahun ini. Diantaranya petuga tehnis yang mengurus kebersihan kota dari beberapa instansi terkait. Lalu marbot juga termasuk menerima santunan. “Semoga ini bisa meringankan beban ibu bapak semuanya menjelang lebaran,” ungkapnya.

Wali Kota juga berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat banyak. Karena kondisi perekonomian saat ini tidak lah mudah di masa pandemi. Selain itu juga tidak mudah dihadapi. Tapi wali kota percaya dengan bantuan ratusan ribu uang tunai tersebut. Bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penerimanya. “Saya berharap ini manfaatnya ada. Saya juga percaya bapak ibu semuanya bisa melaksanakan tugas dengan baik,” harap Mohan.

Ketua Baznas Kota Mataram, H Mahsar Malacca mengatakan, tahun ini santunan lebaran diberikan kepada 10.568 penerima. Untuk petugas kebersihan menerima santunan lebaran masing-masing Rp 150 ribu. Lembaga atau madrasah Rp 200 ribu. Marbot masjid Rp 500 ribu. TPQ Rp 150 ribu. Ormas Islam Rp 100 ribu. Panti Asuhan Rp 300 ribu. Muallaf Rp 200 ribu. “Ini secara keseluruhan total santunannya Rp 2 miliar lebih,” katanya.

Mantan Sekda Kota Mataram itu juga menjelaskan, jumlah penerima bantuan tahun ini. Lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Iya tahun ini lebih banyak penerimanya,” ungkapnya. (gal)