Pemkot akan Gabung Pasar-pasar Kecil

MATARAM-Kondisi pasar yang banyak kumuh dan tak terawat terutama pasar-pasar kelas kecil membuat Pemkot Mataram berencana menggabungkan pasar-pasar kecil tersebut menjadi satu.

Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana menilai kondisi Kota Mataram yang masih kumuh di beberapa titik disebabkan karena  banyaknya pasar-pasar kecil. Ini membuat pemandangan Kota Mataram tidak bagus. Untuk itu akan dilakukan merger pasar-pasar kecil.” Bisa jadi pasar kecil dan berdekatan bisa kita merger, kita jadikan satu,” ungkap Mohan kemarin.

Misalnya beberapa pasar kecil yang jarak tidak terlalu berjauhan seperti Pasar Karang Jasi dengan Pasar Cakra, Pasar Cakranegara dengan Pasar Sindu dan lain-lain.” Biar tertata dengan baik, pasar ini bisa digabung saja," terangnya.

Dengan adanya penggabungan, pemerintah juga bisa lebih efektif melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.

Ia menambahkan, penataan pasar sudah dimulai dengan akan dilakukannya relokasi pasar Kebon Roek. Pasar dipindah ke lokasi baru yang ada di wilayah Kebon Talo. Pemindahan masih dalam tahap pembebasan lahan baru.

Sementara itu menurut kalangan DPRD Kota Mataram, rencana penataan pasar dengan cara merger dianggap cukup baik. Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram Misban Ratmaji setuju dengan rencana ini.” Saya pribadi sangat setuju kalau niatnya Pemkot untuk pengelolaan pasar supaya lebih baik lagi,” tegasnya.

Kalau pasar terlalu banyak, iini akan membutuhkan banyak tenaga untuk mengawasi dan menjaga kebersihannya yang pada akhirnya membuat retribusi dari pasar banyak yang bocor.

Kalau memang akan dilaksanakan merger, Pemkot disarankan untuk bisa memilih dengan tepat pasar-pasar yang akan digabungkan. Salah satu pertimbangannya adalah jarak antara pemukiman warga dengan pasar. “ Paling tidak jarak pasar yang satu dengan yang lainnya satu kilometer." paparnya.

Politisi PKPI ini menambahkan, yang paling utama kalau pasar sudah dikembangkan yakni peningkatan kualitas pelayanan dan pemeliharaan pasar. Percuma pemerintah menggabungkan pasar kalau pengelolaan dan pelayanannya masih sama dengan pasar-pasar ketika belum digabung.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid