Pemkab Tanah Bumbu Belajar Pariwisata ke Lobar

GIRI MENANG–Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat lalu (22/7) melakukan lawatan studi komparatif ke Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

Tujuannya untuk memperoleh informasi terkait pengembangan dan pengelolaan pariwisata dan perencanaan. Rombongan yang berkekuatan 12 orang itu dikomandoi langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, H.Sudian Noor. Mereka juga menghadirkan staf khusus (staf ahli), sejumlah Kabid dan pers. “Terima kasih, atas apresiasi dan sambutan yang baik dari jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Barat,” kata Sudian Noor yang diterima di ruang Jayengrana oleh Sekda Lobar, Hm Taufiq.

Menurut Sudian, pariwisata Lombok, khususnya di Lombok Barat sudah terkenal sampai di Tanah Bumbu. Semua informasi ini diakses melalui dunia maya. Selanjutnya, pihak Tanah Bumbu ingin melakukan kunjungan sekaligus mempelajari dan mengadopsi sisi regulasi dan hal-hal yang mendukung pengembangan pariwisata.

Di tempat yang sama, Sekda Lobar, HM.Taufiq dalam kata penerimaannya mengemukakan, penataan dan pengembangan destinasi pariwisata di Lobar, meskipun dinilai belum maksimal, tapi masalah pariwisata merupakan program yang patut diutamakan. Karena kata dia, tidak mungkin keinginan untuk menjual daerah tanpa ada yang harus direvitalisasi.

Sebagai bukti, wilayah Senggigi sudah dilakukan, demikian juga dengan wilayah selatan. Terhadap pengembangan pariwisata ini, diharapkan adanya investor yang serius. Memang diakui, tidak sedikit investor yang datang. Namun mereka adalah investor ‘akan’ semua. “Akan dibangun, tapi tidak dibangun, akan mulai dibangun tapi kapan?”, tanya Taufiq mengkritisi.

BACA JUGA :  Pemkab Loteng Optimalkan Embung untuk Atasi Kekeringan

Menangggapi banyaknya investor yang tidak serius ini, Taufiq mengakui harus hati-hati. Karena mereka berjanji akan membangun gili (pulau kecil) dengan tajuk Honeymoon Island, Romantic Island. ”Tapi mereka investor abal-abal semua, karena itu kita harus pilah-pilah, mana yang serius, mana investor yang akan,” sebutnya seraya menambahkan, investor yang ingin berinvestasi supaya harus ada bukti. Tidak dinginkan adanya investor yang telah difasilitasi, tapi setelah keluar mereka hilang.

Usai arahan Sekda, agenda berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan masalah perencanaan. Agenda ini berlangsung di Aula Bappeda Lobar yang difasilitasi oleh semua kepala bidang yang ada. Tidak hanya itu, staf khusus Pemkab Tanah Bumbu, Fadli juga menemui Kepala Bagian Humas Pemkab Lobar, Saepul Ahkham. Maksudnya untuk memperoleh informasi terkait promosi pariwisata melalui media massa. “Kalau tidak ada halangan, kami akan datang kembali bersama sejumlah wartawan,” janji Fadli. (LPA-Humas)