Pemkab Lotim Siapkan Rp 3,5 M Sulap Lingkuk Tutuk jadi Taman

SELONG – Mata Air Lingkok Tutuk di Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur akan ditata dan dilengkapi dengan taman.
Kelak, selain sebagai sumber air bersih bagi masyarakat di wilayah selatan Lombok Timur, keberadaan mata air ini akan menjadi obyek wisata. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar untuk penataan ini. Rencananya penataan ini dikerjakan tahun 2021 mendatang.“ Agar tidak hanya digunakan sebagai tempat mengambil air saja, tahun depan kita intervensi dengan anggaran untuk ditata menjadi taman,”kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H M Juaini Taofik.
Mata air Lingkok Tutuk ini memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah selatan Lombok Timur yang selama ini rutin langganan kekeringan di musim kemarau. Bantuan air bersih yang didistribusikan pemerintah setempat juga diambil dari mata air ini. Agar fungsinya lebih banyak lagi, lahan di sekitar mata air ini akan dijadikan taman. Selain memperindah tempat ini, juga akan menjadi lahan terbuka hijau sekaligus sebagai tempat berwisata bagi masyarakat sekitar yang jauh dari pusat kota. ” Kita akan mulai kerjakan pada tahun 2021 mendatang, dimana anggaran Rp 3,5 miliar itu diprioritaskan untuk memperindah Lingkok Tutuk,” jelasnya.
Terkait pengelolaan air bersih dari mata air ini, Juaini Taofik mengakui hingga saat ini belum bisa maksimal. Hal ini disebabkan adanya kendala pipa untuk mengalirkan air ke beberapa desa di wilayah selatan masih bermasalah. Saat ini PDAM sedang melakukan normalisasi. (wan)