Pemkab Lotim Luncurkan KUR untuk Peternak

KREDIT : Pemkab Lombok Timur beker jasama dengan PT. Bank Central Asia me-launching pembiayaan kredit mikro kepada peternak sapi melalui program Lotim Berkembang, Senin (19/12). (Ist/Radar Lombok)

SELONG – Pemkab Lombok Timur bekerja sama dengan PT. Bank Central Asia meluncurkan pembiayaan kredit mikro kepada peternak sapi melalui program Lotim Berkembang, Senin (19/12). Kegiatan itu dihadiri Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy.

Program Lotim Berkembang adalah salah satu upaya pemerintah mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Program ini memberikan manfaat secara langsung bagi para peternak dan UMKM.”Selain memastikan ketersediaan akses keuangan bagi masyarakat yang membutuhkan modal usaha, program ini juga mendorong peningkatan peran industri jasa keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, serta mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif dan inovatif,” kata Sukiman.

Peningkatan dan percepatan akses keuangan masyarakat melalui program yang dikembangkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) ini diharapkan dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat. Bupati juga berharap melalui program itu para peternak dan pelaku UMKM dapat mandiri dan sukses.”Kepada para penerima program Lotim Berkembang, saya berharap bisa digunakan sebaik-baiknya agar  mampu meningkatkan pendapatan keluarga, taat dan disiplin melaksanakan kewajiban membayar angsuran pinjaman, serta, tidak menunggak kredit,” pesannya.

Baca Juga :  Penataan Ekas, Rumah Warga Direlokasi

Menunggak kredit, kata bupati, akan merusak kredibilitas yang dan tercatat dalam daftar (black list) perbankan yang dapat merugikan diri sendiri ke depan. Bupati mengingatkan TPAKD agar mengawal program tersebut secara optimal sehingga keberlanjutan dan kesuksesan program itu dapat dijaga serta, kedepannya memberikan dampak semakin luas.

Sementara itu kepala OJK NTB Rico Rinaldy menyampaikan bahwa program itu bertujuan memberantas rentenir yang sudah merajalela dan merugikan masyarakat.” Program Lotim Berkembang dapat menjadi batu loncatan mengembangkan ekonomi masyarakat lebih baik,” singkatnya.

Baca Juga :  Kaca Mobil Dipecah, Rp 100 Juta untuk Bayar Tembakau Raib

Direktur BCA John Kosasih turut mengapresiasi pemerintah yang telah memberi program untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya adalah melalui KUR yang dapat memulihkan stabilitas ekonomi nasional di tengah ketidakpastian global di tahun 2023. “ Pemerintah bekerja sama dengan swasta termasuk BCA  bersinergi menyediakan fasilitas pendanaan di berbagai sektor, salah satunya sektor perdagangan,” ungkapnya.

Sektor perdagangan dinilainya memberikan kontribusi nyata membantu masyarakat, khususnya  peternak sapi. “Perhatian dalam bentuk pembiayaan tersebut diharapkan dapat memberikan korelasi yang positif terhadap peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, khususnya di Lotim dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup demi masa depan yang lebih baik,” ungkapnya.(lie)

Komentar Anda