Pemkab Lotim Alokasikan Hibah Rp 3 Miliar untuk Lembaga Pemuda dan Olahraga

Kurnia Akmal ( Ist for Radar Lombok )

SELONG – Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Timur mengalokasikan hibah sebesar Rp 3 miliar tahun ini untuk lembaga pemuda dan olah raga. Anggaran hibah ini berasal dari anggaran pokok pikiran (Pokir) dewan.

Sebelum hibah disalurkan, terlebih dahulu akan dilakukan verifikasi terhadap lembaga pemuda dan olahraga yang akan mendapatkan hibah tersebut.”Saat ini kita sedang mempersiapkan verifikasi terhadap 80 lembaga pemuda dan olahraga yang telah  dijanjikan mendapatkan hibah ini,” terang Sekretaris dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Timur, Kurnia Akmal, kemarin.

BACA JUGA :  Kemarau, Krisis Air Bersih Mulai Mengancam

Verifikasi diupayakan segera mungkin dilakukan. Dari jumlah tersebut, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lotim mendapatkan dana paling banyak yakni mencapai Rp 1,8 miliar. Dari anggaran olahraga ini, sebanyak Rp 800 juta diperuntukkan bagi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lotim.”Sebagiannya lagi untuk Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebesar Rp 250 juta,” terangnya.

Ia mengakui saat ini masih terjadi dualism pengurus KNPI. Karenanya  pemberian hibah untuk KNPI nantinya akan ditentukan berdasarkan hasil verifikasi.” Sebab apa yang dimaksud dalam nomenklatur dan siapa yang benar-benar berhak itu ditentukan berdasarkan hasil verifikasi. Daftar nama penerima dengan jumlah uang yang diterima sudah tertuang dalam DPA,” imbuh Kurnia.

BACA JUGA :  Sukiman : Bansos Harus Dioptimalkan

Salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan hibah, lembaga harus memiliki legalitas organisasi. Jika berbentuk lembaga maka legalitasnya  telah diakui oleh  Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu juga harus memiliki struktur kepengurusan. Dan juga telah terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri  (Bakesbangpoldagri).(cr-sid)