Pemkab Lobar Launching Kampung KB

Pemkab Lobar Launching Kampung KB
KB : Ketua TP PKK lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid me-launching Kampung Keluarga Berencana (KB) Dusun Timbal Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong, Rabu (23/8). (IST FOR RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG-Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Lobar me-launching Kampung Keluarga Berencana (KB) di Dusun Timbal Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong, Rabu (23/8). Secara simbolis launching ini dilakukan oleh Ketua TP PKK lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid.

Dalam sambutannya, Khaeratun mengungkapkan, bahwa di daerah lain biasanya hanya ada satu Kampung KB. Tetapi di Lobar jauh melebihi itu. “Kita di Kabupaten Lombok Barat sangat luar biasa, di semua kecamatan. Masing-masing di 10 kecamatan memiliki satu Kampung KB,” ungkapnya.

Dusun Timbal sendiri sudah memenuhi kriteria menjadi Kampung KB. Selain juga sudah disurvei dari Dinas DPPKBP3A. Ada tiga kriteria yang menjadi penilainan dalam survei tersebut diantaranya adanya pendataan keluarga, dukungan pemberdayaan aparatur dari dusun sampai dengan pemerintahan pusat mulai dari unsur desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, pusat. Kemudian partisipasi masyarakat. Dirinya pun berharap dengan pecanangan Kampung KB ini masyarakat tetap mendukung, dan ke depan bisa berhasil.

Sementara itu Kadis DPPKBP3A melalui Kabid KB Lobar Zulyadain mengatakan, Kampung KB ini merupakan miniatur program dari  Pendidikan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKBPK) di dalamnya ada pendewasaan usia perkawinan. “Diupayakan generasi muda untuk menikah di usia 21 baik laki maupun perempuan. Termasuk pengaturan kelahiran,” ujarnya sembari mengajak masyarakat untuk menggunakan kontrasepsi.

Selain itu diupayakan untuk ketahanan keluarga melalui kegiatan bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga Lansia. “Mari tingkatkan kerjasama, kekompakan agar Kampung KB menjadi kebanggaan bersama dan mudah-mudahan Pencanangan Kampung KB ini berjalan sesuai keinginan kita bersama,” harapnya. (zul)