Pemkab Loteng Bagikan 29.676 Kartu Program Keluarga Harapan

KOMPAK: Sekda, Kadis Sosial, Pimpinan BRI Cabang Praya, dan pendamping PKH kabupaten kompak sukseskan program pemerintah.

PRAYA-Pemerintah Lombok Tengah memberikan kartu Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2017 kepada masyarakat. Di mana para penerima kartu tersebut, mereka yang sudah tergabung dalam Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Sekda Lombok Tengah HM Nursiah MSi dalam sambutannya mengatakan, pembagian kartu miskin ini merupakan bukti bahwa pemerintah memberikan tempat yang istimewa bagi mereka. Mereka yang tergolong keluarga sangat miskin diberikan bantuan berupa kartu miskin. Di mana nantinya kartu tersebut berisikan uang dan itu bisa diambil di bank yang sudah ditunjuk pemerintah. “Bantuan ini merupakan bagian dari perhatian pemerintah dalam rangka membantu masyarakat miskin,” katanya kemarin.

Pemerintah pusat melalui dinas social kabupaten/kota memberikan bantuan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan tarap hidup masyarakat miskin atau penerima manfaat. Yang mana tujuan dari hal tersebut seperti peningkatan akses pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan penerima.  “Dari bantuan ini, beban mereka bisa terkurangi. Misalnya saja mengurus pendidikan, kesehatan, termasuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” sebutnya.

Baca Juga :  Asyik Berduaan, Dua Sejoli Dipalak

Menggulirkan program ini lanjutnya, tentunya pemerintah telah merancang dengan baik untuk mencapai tujuan, seperti yang telah disebutkan di atas. “Saking ketatnya pemanfaatan program ini, presiden kita telah mengintruksikan, jika anggaran ini dalihkan seperti membeli perhiasan dan yang lainnya, maka dipastikan pada tahap berikutnya mereka tidak akan dapat,” sebutnya.

Baca Juga :  Kesadaran Masyarakat Berkendara Meningkat

Sementara Kepala Dinas Sosial Lombok Tengah Baiq Sri Hastuti menyebutkan, tahun ini penerima kartu bertambah dari jumlah sebelumnya. Di mana jumlah sebelumnya sebanyak 17.319 kepala keluarga, tahun ini bertambah menjadi 29.676 kepala keluarga. “Tujuan dari program ini, saya rasa tidak perlu saya jelaskan, sebab tadi sudah disebutkan oleh Pak Sekda,” sebutnya.

Untuk memperlancar proses penerimaan, saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah tahapan dengan pihak bank yang sudah ditunjuk, yakni Bank BRI. Mulai dari kesiapan buku tabungan dan melakukan pendataan bagi penerima kartu baru. “Kan kita mendapatkan tambahan, jadi itu juga kita sudah persiapkan,” akunya. (cr-ap/adv)