Pemilihan Rektor Unram Digelar Sabtu

Pemilihan Rektor Unram Digelar Sabtu
SENAT UNRAM: Ketua Senat Unram Prof. Ir. Mansur Ma'shun, Ph.D (tengah) didampingi sekretaris senat dan ketua panitia saat menyampaikan jadwal pemilihan rektor Unram, Rabu kemarin (28/2). (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sempat tertunda cukup lama, akhirnya jadwal pemilihan rektor Universitas Mataram (Unram) menemui titik terang.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengagendakan pemilihan rektor digelar pada Sabtu (3/3) mendatang.

“Insya Allah proses pilrek kita akan segera kelar. Berdasarkan surat dari Sekjen Kemenristek Dikti tertanggal Selasa lalu (27/2), Pilrek Unram akan kita laksanakan Sabtu (3/3) mendatang,” kata Ketua Senat Unram Prof Ir Mansur Ma’shum, Ph.D Rabu kemarin (28/2).

Namun Mansur mengaku tidak berani secara pasti  memastikan pemilihan rektor ini terlaksana sesuai jadwal yang sudah ditetapkan  Kemenristek Dikti.Bagaimanapun keputusan ada di Kemenristek Dikti. Panitia pemilihan rektor hanya sebagai pelaksana.”Tapi jika dilihat dari suratnya,  ada kemungkinan besarnya akan berlangsung Sabtu mendatang,” terangnya.

Dalam tahapan pemilihan nanti akan berlangsung tertutup.  Panitia akan mengundang  58 anggota senat Unram. Diantaranya, terdiri dari komponen dosen, yakni 5 orang dari masing masing fakultas. Diantaranya, dua wakil  guru besar dan tiga wakil dosen non guru besar.Dari delapan fakultas di Unram hanya Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (Fatepa) yang memiliki satu wakil  guru besar.”Beberapa anggota senat kita lainnya, ada yang menjadi rektor dan wakil rektor. Termasuk tiga calon rektor juga anggota. Sehingga semuanya berjumlah 58 anggota senat yang akan diperebutkan sebagai suara pilrek nantinya,” lanjut Mansur.

Jumlah pemilik suara pada pemilihan nanti ada 89 suara. Selain 58 suara dari senat Unram, terdapat 31 suara dari Kemenristek Dikti.”Nanti pemilihannya melalui rapat tertutup,” jelasnya.

Bagi mantan rektor  dua Periode ini, proses pemilihan rektor saat ini diakuinya cukup lamban. Hal itu  dilihat dari jeda dan prosesnya yang memakan waktu kurang lebih 3 bulan. “Harapan kami, pelaksanaan rapat tertutup pilrek Unram nantinya berlangsung cepat, begitu juga dengan pelantikan rektor terpilih kita,” tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia pemilihan rektor Unram Dr I Gede Pasek Sutawijaya mengungkapkan, nomor urut calon rektor Unram dirubah  Senin silam (15/1) dengan cara pengundian ulang. Alasannya, untuk perbaharui proses pelaksanaan pemilihan rektor yang transparan. Hasil pengundian ulang ini  calon rektor  dengan nomor 1  Prof Dr Ir H Lalu Wiresapta Karyadi, M.Si. Nomor urut 2  Prof Dr Ir Enny Yuliani, M.Si dan nomor urut 3 didapat oleh Prof Dr H Lalu Husni, SH, M.Hum. “Pengulangan nomor urut ini untuk transparansi pilrek kita, dan kita menggunakan undian,” tutupnya.

Pada pemilihan calon rektor lalu,   Prof Lalu Wiresapta Karyadi yang sekarang ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor I Unram berhasil meraih suara terbanyak dengan mendapatkan 28 suara. Kemudian disusul, Prof H Lalu Husni yang sekarang masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum meraih 15 suara dan Prof Hj Enny Yuliani yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor II Unram dan berasal dari Fakultas Peternakan, meraih 8 suara.

Empat bakal calon rektor yang tereleminasi yakni Prof Dr H Muhammad Sarjan dari Fakultas Pertanian, Prof Dr H Mahyuni dari FKIP, Prof Dr H Yusuf Akhyar Sutaryono dari Fakultas Peternakan dan Prof Dr H Surya Hadi, Dekan Fakultas MIPA.(cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut