Pemilihan Rektor Unram Belum Jelas

Universitas Mataram (Unram)
Universitas Mataram (Unram)

MATARAM – Setelah sempat lowong jabatan Rektor Universitas Mataram (Unram) sejak tanggal 20 Desember, akhirnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) RI, Prof Mohammad Nasir menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) rektor.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kelembagaan, Prof Patdono Suwignjo dipercaya sebagai Plt rektor hingga batas waktu yang belum ditentukan. “Bapak Menteri Ristek Dikti sudah menunjuk Plt yakni Bapak Dirjen Kelembagaan (Prof Patdono Suwignjo). Informasinya besok pagi (hari ini, red) Plt sudah mulai masuk di Unram,” kata Wakil Rektor I Unram, Prof H Lalu Wiresapta Karyadi kepada Radar Lombok, Selasa kemarin (2/1).

Sapta mengaku hingga saat ini pihaknya belum mengetahui kapan kepastian dilakukan  pemilihan rektor Unram. Pasalnya, belum ada jadwal dari Menristek Dikti untuk memberikan hak suaranya dalam pemilihan rektor itu. Sementara itu mengenai jabatan  wakil rektor (WR) tetap ditempati sera berjalan sebagaimana mestinya.”Untuk jabatan semua WR tetap seperti biasa, karena berakhir bulan Desember 2018 mendatang,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ingin Terus Sekolah

Seperti diberitakan sebelumnya koran ini, masa jabatan Prof H Sunarpi sebagai rektor berakhir pada tanggal 20 Desember 2017. Hanya saja, begitu masa jabatan Sunarpi habis, Plt rektor yang ditunjuk Menristek Dikti tidak kunjung datang ke kampus. Bahkan informasi penunjukan Plt ini juga tidak ada pemberitahuan kepada pihak Unram dalam hal ini mantan rektor termasuk juga kepada senat Unram.

Penunjukan Plt rektor ini maka berimbas pada jawal pemilihan rektor Unram untuk periode 2017-2021. Jika mengacu ketentuan dan jadwal yang sudah disusun  panitia bersama Senat Unram, maka pada pekan kedua sudah dilakukan pemilihan rektor. Selanjutnya sebelum tanggal 20 Desember lalu dilakukan pelantikan.

Sebelumnya, Prof H Sunarpi mengakui jika proses pemilihan rektor molor. Ia mengakui hingga sekarang ini belum ada kejelasan kapan Menristek Dikti akan menjadwalkan pemilihan rektor Unram. Padahal, semestinya jika mengacu kepada jadwal, pemilihan rektor sudah tuntas.”Belum ada kejelasan sampai sekarang. Semestinya rektor  sudah ada terpilih dan dilantik, sehingga tidak kosong kepemimpinan seperti sekarang ini,” terangnya.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unram, I Gede Pasek Suta Wijaya mengakui jika sampai sekarang ini tidak kabar kepastian dari Menristek Dikti RI terkait kapan jadwal pasti proses pemilihan rektor.“Belum ada informasi kapan jadwal Bapak Menteri untuk pemilihan rektor Unram,” jelasnya.

Pemilihan rektor akan diikuti tiga calon dan memperebutkan 57 suara anggota senat dan 31 suara dari Kemenristek Dikti. Ketiga calon yakni  Prof Dr H Lalu Wiresapta Karyadi  yang sekarang ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor I Unram. Kemudian, Prof H Lalu Husni yang sekarang masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum  dan Prof Hj Enny Yuliani yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor II Unram. (luk)