Pemerintah Tetapkan Iduladha 10 Juli

SESUAI PROKES: Selama bulan Ramadan, masjid tetap dibuka untuk beribadah, dengan penerapan protokol kesehatan, untuk menghindari penyebaran Covid-19. (SUDIR/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Pemerintah telah menggelar sidang isbat menentukan awal Zulhijah 1443 H pada Rabu malam (29/6/2022).

Hasilnya, Pemerintah menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 1 Juli 2022. Artinya, Iduladha 10 Zulhijah, jatuh pada 10 Juli.

“Dari 86 titik, tidak ada satu pun yang melaporkan melihat hilal sebagaimana yang dilaporkan. Oleh karenanya berdasarkan hisab posisi hilal seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk. Akan tetapi belum memenuhi MABIMS serta laporan hilal juga tidak terlihat. Secara mufakat 1 Zulhijah jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022,” ucap Wamenag Zainut Tauhid di Kantor Kementerian Agama RI.

Menurut kriteria baru MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura), imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Adapun sidang isbat digelar secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sidang diawali pemaparan posisi hilal oleh tim dari Kemenag, kemudian dilanjutkan dengan sidang tertutup. (RL)