Pemerintah Kota Mataram Gelar Festival Mandalika pada 11-12 Maret 2023

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H. Nizar Denny Cahyadi. (SUDIR/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Pemerintah Kota Mataram sedianya menggelar Festival Mandalika pada 4-5 Maret 2023, bersamaan dengan gelaran World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023. Namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya diundur menjadi 11-12 Maret 2023.

“Kami sudah sepakat Festival Mandalika diundur pada pekan berikutnya. Direncanakan 11-12 Maret 2023. Lokasi tetap di Taman Loang Baloq,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H. Nizar Denny Cahyadi.

Diungkapkan, Festival Mandalika dianggarkan menggunakan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) yang didapatkan Pemerintah Kota Mataram dari pusat. Oleh karena itu, di sela-sela festival akan disampaikan sosialisasi tentang Gempur Rokok Ilegal.

Baca Juga :  WSBK Mandalika 2023 Siap Digelar Pekan Ini, Bautisita Pimpin Klasemen Sementara

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-215/PMK.07/2021 bahwa penggunaan DBHCHT oleh pemerintah daerah akan dilakukan pemantauan dan evaluasi realisasi penggunaannya. Di samping SE-4/BC/2022 mempersyaratkan kehadiran Bea Cukai dalam kegiatan sosialisasi pengumpulan massa seperti di Festival Mandalika untuk mendapatkan poin dalam penilaian kinerja pemerintah daerah.

Merujuk regulasi di atas, maka Festival Mandalika dipastikan tidak bisa dilaksanakan secara bersamaan dikarenakan terbentur pada aturan yang mengharuskan kehadiran Bea Cukai yang masih fokus mengawasi di Bandara Internasional Lombok dan Sirkuit Mandalika saat event WSBK, sehingga dimungkinkan tidak dapat hadir dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan di tengah-tengah kegiatan Festival Mandalika tersebut.

Baca Juga :  WSBK Mandalika 2023 Siap Digelar Pekan Ini, Bautisita Pimpin Klasemen Sementara

Padahal dalam PMK itu juga diatur bahwa dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi diharuskan bekerja sama dengan Kantor Bea dan Cukai setempat. Oleh karena itu Dinas Pariwisata Kota Mataram dan Kantor Bea dan Cukai akhirnya sepakat akan menyelenggarakan Festival Mandalika sepekan setelah perhelatan WSBK 2023.

Namun, ia memastikan bahwa Festival Mandalika tetap akan jadi ajang hiburan bagi rakyat Pulau Lombok. Masyarakat diiharapkan bisa memanfaatkan festival ini sebagai ajang untuk menjual berbagai hasil kerajinan dan kuliner khas Lombok, di tengah perhelatan WSBK Mandalika. (dir/*)

Komentar Anda