Pemeriksaan Kehamilan Lisa Dijamin JKN-KIS, Ini Caranya

Lisa Widiastuti, asal Desa Presak, Bonjeruk

SELONG–Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah dirasakan hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Manfaat Program JKN-KIS tersebut sudah dirasakan oleh seluruh kalangan usia, baik usia muda hingga tua. Salah satu yang merasakan manfaatnya adalah seorang warga Desa Presak Bonjeruk yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga ini mengaku merasakan manfaat dari Program JKN-KIS. Dialah Lisa Widiastuti (20) yang akrab disapa Lisa.

“Saya sedang mengandung anak pertama saya, dari usia kehamilan 4 minggu, saya sudah mulai memeriksakan diri di Puskesmas Bonjeruk di mana Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar. Hingga saat ini sudah masuk usia kandungan 30 minggu dan ketika saya memeriksakan kandungan, saya selalu menggunakan JKN-KIS,” ujar Lisa kepada tim Jamkesnews.

BACA JUGA :  Tambah Kerja Sama, BPJS Kesehatan Cabang Selong Lakukan Kredensialing

Lebih lanjut, Lisa mengungkapkan bahwa ia merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS dan merasa pelayanannya tidak dipersulit. “Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kehamilan, laboratorium dan obat- obatan, saya tidak pernah dikenakan biaya sama sekali. Saya merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS ini terlebih kondisi saat ini yang perekonomian serba sulit karena adanya pandemi Covid-19. Walaupun JKN-KIS saya ini adalah kepesertaan yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah, akan tetapi saya tidak merasa pelayanan yang berbeda antara pasien JKN-KIS dengan pasien umum lainnya,” lanjut Lisa.

BACA JUGA :  Cerita Adiya Asal Lotim Bersyukur Menjadi Peserta JKN-KIS

Di akhir pertemuannya, Lisa berharap penyelenggaraan Program JKN-KIS akan terus berkelanjutan dan terus memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia. Hal tersebut ia ungkapkan sebagai harapan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat dan kemudahan mengakses layanan kesehatan tanpa harus memikirkan biaya yang akan timbul saat mereka berobat di fasilitas kesehatan. (dh/ay)