Pembinaan UKS Akan Terus Ditingkatkan

ORIENTASI: Kegiatan orientasi penguatan komitmen pelaksanaan UKS dengan melibatkan para Kasek dari jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA (Gazali/Radar Lombok)

SELONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur bersama semua jenjang pendidikan di daerah ini menggelar kegiatan orientasi penguatan komitmen pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrasah tahun ajaran 2017. Kegiatan ini melibatkan sekitar 100 Kepala Sekolah (Kasek) dari semua jenjang pendidikan di Lotim.

Kabag Kesra Setda Kab Lotim , Siti Aminah mengatakan, sebagai bentuk tindak lanjut Lomba Sekolah Sehat (LLS) tahun sebelumnya terkait dengan peningkatan peran strategis tim pembina dan tim pelaksana UKS. Maka untuk persiapan pelaksanaan kegiatan penilaian sekolah sehat tahun ini, diperlukan  pembinaan dan penguatan.

‘’Maka dukungan dari berbagai lintas sektor juga diperannya sangat dibutuhkan,” ungkapnya, Kamis (2/3).

Sementara itu Sekda Lotim H. Rohman Farly, sangat mengapresiasi upaya pihak sekolah, termasuk pembina UKS dalam memaksimalkan peran UKS itu sendiri.   Karena hal ini menyangkut keputusan bersama empat menteri, yaitu menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tahun 2014 lalu terkait pembinaan dan Pengembangan UKS di sekolah.

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

‘’Program UKS menjadi tanggung jawab bersama. Ini sesuai dengan tugas dan fungsi di masing-masing empat kementerian tersebut, agar saling menunjang,” terangnya.

Keberadaan UKS ini dengan harapan, agar bisa memberikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Jika bicara masalah kesehatan dan kebersihan, dua apsek ini tentu tidak bisa dipisahkan dari agama.

‘’ Sehingga dalam agama diajarkan kebersihan adalah sebagian dari iman,” kata dia.

Di Lotim sendiri kata dia, dari 20 kecamatan, UKS ini telah dibentuk di 12 kecamatan. Sementara di 8 kecamatan sudah bisa dibina dan dikelola dengan baik. Sementara sisa dari 12 kecamatan itu kata dia menjadi efek positif dari MA NW Muallimin Pancor . UKS  yang ada di sekolah ini sebentar lagi akan mengikuti lomba UKS di tingkat nasional.

‘’ Ini bagian dari tugas Pemkab Lotim agar bisa memberikan pembinaan yang baik sehingga bisa menyertakan kecamatan yang sudah memenuhi syarat,” tungkas dia. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid