Pemberangkatan Jamaah Umrah belum Pasti

H. Azharuddin ( M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Covid-19 teman menyebabkan aktivitas ibadah ke Tanah Suci ditiadakan sementara waktu, baik itu ibadah haji maupun umrah. Khusus untuk jamaah umrah sampai saat ini ada ribuan yang batal berangkat.
Saat ini Pemerintah Arab Saudi telah mulai membuka pintu masuk bagi jamaah umrah. Namun sinyal ini juga belum bisa memberikan kepastian soal kapan jamaah umrah tanah air bisa diberangkatkan, termasuk jamaah umrah Lotim. Kantor Kemenag Lotim belum menerima sinyal kapan pemberangkatan jamaah umrah.”Sampai saat ini kita masih belum mendapatkan informasi resmi,” ungkap Kepala Kantor Kemenag Lotim, H. Azharuddin, Jumat lalu (23/10).

Ia mengatakan memang informasi awal Pemerintah Arab Saudi telah kembali memberikan kelonggaran untuk masuknya jamaah umrah dari negara lain termasuk dari Indonesia. Tapi hal tersebut kata dia, harus diperkuat dengan regulasi resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi maupun pemerintah pusat.”Jika pun ternyata hal itu benar adanya, pasti akan diumumkan kepada calon jamaah umrah yang sudah terdaftar melalui biro perjalanan haji dan umrah,” tambahnya.

Untuk tahun ini sebutnya, jamaah umrah Lotim yang telah terdaftar dan mendapatkan rekomendasi dari Kemenag Lotim berjumlah 200 orang lebih. Tapi sejauh ini belum lagi penambahan dari data awal tersebut. “ Mereka yang tertunda akan diberangkatkan jika sudah ada pemberitahuan resmi dari pemerintah,” ungkapnya.

Bagi ratusan jamaah umrah Lotim yang tertunda keberangkatannya itu diharapkan untuk tetap bersabar. Dalam arti kapan pun mereka pasti akan diberangkatkan.”Termasuk juga biro dan maupun agen perjalanan supaya mereka jangan sampai merugikan jamaahnya,” tandasnya.(lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaMangkir,Saksi Kasus DD Sesait Terancam Dijemput Paksa
Berita berikutnyaDua Proyek Fisik Jadi Atensi