Pembangunan Sirkuit MotoGP Diklaim Berjalan Lancar

Pembangunan Sirkuit MotoGP
SIRKUIT: Inilah kondisi jalan yang menjadi sirkuit MotoGP di KEK Mandalika.(M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Pembangunan sirkuit MotoGP Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta masih terus berjalan. Meski adanya penyebaran virus corona dan adanya permasalahan lain seperti pembebasan lahan.

Tim Satgas Percepatan pembangunan KEK Mandalika, HM Nursiah mengatakan, meski terjadi berbagai gejolak tapi pembangunan untuk mempersiapkan event bergengsi ini tidak boleh lesu. Bahkan berbagai pembangunan pendukung juga tetap berjalan dengan lancar. “Kita tidak boleh lesu dan pesimis dengan berbagai dinamika dan ini sebagai pembelajaran. Jadi bagaimana Mandalika dengan program MotoGP 2021 masih tetap berjalan lancar dan pembangunan bergerak terus,” ungkap Nursiah, Jumat (20/3).

Bahkan, pihaknya mengklaim progres pengerjaan fisik untuk sirkuit MotoGP ini sudah sampai 30 persen. Progres ini menunjukan kemajuan yang luar biasa. Bahkan pihaknya optimis semua akan berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan selama ini. “Kalaupun ada lahan yang belum selesai, kita targetkan Mei ini sudah rampung,” tegasnya.

Pria yang juga Sekda Lombok Tengah ini menegaskan, tanah yang masuk dalam inklaf sedang diselesaikan. Memang ada beberapa versi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk menyelesaikan permasalah itu, mulai dari tukar guling lahan hingga pembayaran tunai. “Kalau pembayaran maupun melalui tukar guling kita sudah siap. Dan perosesnya terus berjalan. Kita optimis baik dari sirkuit hingga pendukung lainnya akan bisa diselesaikan, Pihak ITDC, Pemda, Pemprov NTB dan pemerintah pusat juga masih intens untuk melakukan komunikasi,” terangnya.

Bahkan Presiden Ri Joko Widodo saat video konfrens khusus membahas tentang KEK  Mandalika. Hal itu untuk memastikan jika pembangunannya terus bergerak. Bahkan sebagai daya dukung dengan membuat kampung wisata dan lain sebagainya tidak luput dari pembahasan. “Sebenarnya sudah tidak ada masalah, warga juga sudah kita siapkan untuk lokasi relokasi. Tanah sudah kita berikan. Bahkan saya ingin mengajak untuk kita turun bersama melihat bagaimana kondisi yang sebenarnya dan progres pembangunan seperti apa di lapangan,” terangnya.

Tidak hanya sirkuit MotoGP, jalan bypass BIL-KEK untuk mendukung MotoGP ini juga akan segera dimulai pengerjaannya. Untuk pembebasan lahan diklaim sudah rampung seratus persen dan sudah tidak ada masalah. “Untuk pembebeasam tanah bypass sudah selesai dan proses tanah inklap di dalam kawasan terus berproses dan target Mei sudah selesai. Jadi tanah di dalam kawasan solusinya tukar guling oke dan kita bayar juga tidak ada masalah. Makanya kita optimis semua akan berjalan dengan lancar,” terangnya. (met)