Pelayanan Kesehatan Dijamin Penuh, Rapik Bersyukur Jadi Peserta JKN-KIS

Rapik (58) peserta JKN-KIS asal Lombok Tengah. (IST/RADAR LOMBOK)

PRAYA–Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membawa angin segar bagi masyarakat Indonesia.

Seperti halnya seorang warga Kabupaten Lombok Tengah Rapik (58) seorang peserta JKN-KIS yang berprofesi sebagai buruh tani di Kabupaten Lombok Tengah. Ia merupakan sekian dari jutaan orang yang telah merasakan manfaat Program JKN-KIS.

Ditemui oleh Tim Jamkesnews saat datang ke Kantor BPJS Kesehatan di Kabupaten Lombok Tengah, Rapik menceritakan pengalamannya yang kerap kali menggunakan JKN-KIS untuk berobat.

“Pengalaman saya menggunakan kartu BPJS (JKN-KIS) adalah setiap saya sakit. Saya selalu berobat menggunakan JKN-KIS ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar dan Alhamdulillah gratis karena sudah menjadi Peserta JKN-KIS,” cerita Rapik.

BACA JUGA :  JKN-KIS, Mudahkan Akses Layanan Kesehatan untuk Keluarga Hidayani

Lebih lanjut, Rapik menceritakan bahwa ia menderita penyakit diabetes melitus selama 6 bulan terakhir dan harus tetap memeriksakan diri di Puskesmas tempatnya terdaftar sebagai peserta. Rapik bersyukur karena adanya Program JKN-KIS, biaya pelayanan kesehatannya seluruhnya ditanggung oleh program yang dikelola BPJS Kesehatan itu.

“Pelayanannya sangat baik. Hebatnya lagi, saya tidak bayar sama sekali. Dulu pernah sakit kencing manis (Diabetes Melitus), 6 bulan harus tetap kontrol ke Puskesmas dan minum obat yang sudah diresepkan. Jika tidak ada BPJS Kesehatan, saya tidak tahu harus mengeluarkan biaya berapa untuk berobat,” ujar Rapik.

BACA JUGA :  Aplikasi Mobile JKN Mudahkan Pelayanan ke Peserta, Bisa Ubah Faskes Juga

Rapik melanjutkan ceritanya bahwa selama ia berobat di Puskesmas, dirinya sama sekali tidak merasakan kendala pelayanan. Di akhir pembicaraan dengan tim Jamkesnews, Rapik menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah karena telah menghadirkan Program JKN-KIS untuk membantu meringankan masyarakat Indonesia akan biaya pelayanan kesehatan.

“Terima kasih kepada pemerintah khususnya kepada BPJS Kesehatan yang terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masayarakat, sehingga banyak dari mereka yang merasa sangat terbantu dalam mengakses layanan kesehatan. Harapannya, semoga BPJS Kesehatan selalu hadir untuk masyarakat Indonesia dan terus memberikan kebaikan kepada peserat JKN-KIS,” tutup Rapik. (dh/ay)

Berita aslli dimuat di https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/tmn/29217/20210611/pelayanan-kesehatan-dijamin-penuh-rapik-bersyukur-jadi-peserta-jkn—kis