Pelayanan Adminduk di Kecamatan Terus Diperbaiki

HM. Sukiman Azmy
HM. Sukiman Azmy (M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG – Pengalihan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) seperti KTP, akta kelahiran maupun KK ke kecamatan sebagai salah satu wujud pemkab Lotim untuk memberikan kemudahan layanan publik ke masyarakat. Kini, Pemkab pun terus berupaya untuk menyempurnakan pelayanan adminduk di kecamatan tersebut.

Bupati Lotim HM Sukiman Azmy mengatakan, untuk memuluskan pelayanan adminduk di kecamatan ini, Pemkab Lotim telah mengalokasikan anggaran untuk menunjang berbagai fasilitas pendudukung melalui APBD perubahan tahun 2018. Dan kebijakannya itu juga mendapatkan dukungan penuh dari DPRD setempat. ‘’Kita akan anggarkan dua kali. Selain APBD perubahan 2018 ini, kita juga akan menggarkan untuk pelayanan Adminduk ini melalui APBD induk 2019 mendatang,‘’ katannya.

BACA JUGA: Uang Muka Kolam Labuh Harus Kembali

Melalui kebijakan itu, tentunya  masyarakat kini semakin mudah dalam mendapatkan layanan. Mereka tidak perlu lagi harus datang jauh-jauh ke Selong untuk mengurus data kependudukannya melainkan cukup di kecamatan. Masyarakat kini bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan tidak perlu harus mengeluarkan biaya yang banyak. ‘’Dan proses pelayanan di kecamatan sama sekali tidak ada kendala,‘’ lanjutnya.

Namun hanya satu hal, katannya, persoalan keterbatas blangko sejauh ini masih menjadi kednala pelayanan pembuatan e-KTP ini tidak bisa diproses dengan cepat. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Lotim saja, melainkan di daerah lainyanya juga mengalami hal sama. ‘’Hanya blangko saja yang masih jadi kendala. Kalau yang lain tidak ada,‘’ sebut dia.

BACA JUGA: Sukiman: Semua yang Sudah Dimutasi Dikembalikan

Karenanya, melalui pelayanan di kecamatan ini, dia juga mengigatkan ke petugas bisa memberikan pelayanan ke  masyarakat dengan sebaiknya. Kapan pun dibutuhkan masyarakat tentunya harus tetap siap. ‘’Pelayanan adminduk di kecamatan ini sebelumnya kita rencanakan untuk direaliasikan per 1 Januari 2019. Tapi almhadulillah sudah lebih cepat kita bisa realiasikan,‘’ pungkas Sukiman. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut