Pelatihan Prakerja Gelombang IV Mulai Dibuka

Illustrasi
Illustrasi

MATARAM – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV resmi dibuka awal Agustus ini. Pengumuman pembukaan kartu prakerja gelombang 4 ini disampaikan secara resmi melalui akun resmi Instagram @prakerja.go.id pada Sabtu, 8 Agustus mendatang.

“Informasi ini saya dapat lewat media sosial terkait dengan pendaftaran gelombang IV, jadi kemarin kita tanya-tanya ke pusat cuma belum ada informasi baliknya,” ujar Kepala Seksi Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans NTB M Anang Yusran, Senin (10/8).

Sampai saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari media sosial Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Perekonomian. Pasalnya, informasi secara formal belum ada ke daerah-daerah, terumasuk ke NTB. Kendati demikian, pendaftaran kartu prakerja gelombang IV ini kemungkinan akan lebih banyak.

“Untuk yang gelombang IV, jadi nanti yang memenuhi kriteria saja. Cuma kita belum tahu angkanya berapa. Pokoknya sampai memenuhi kuota di NTB sesuai dialokasikan oleh pusat kemarin yang sekitar 52 ribu lebih,” sebutnya. 

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja, yang diperuntukkan bagi para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Sedangkan untuk gelombang III yang sudah terdaftar kartu prakerja datanya secara rinci belum ada. Pasalnya pendaftaran melalui online dan offline, di mana offline merupakan data dari Disnakertrans NTB. Pihaknya pun tidak mengetahui berapa banyak pekerja yang daftar secara online. Kendati, seluruh data berada di pusat.

“Kita sudah bersurat ke Kementerian Perekonomian minta datanya yang daftar online ini berapa. Itu belum di Kasi dari kementrian. Jadi untuk sementara yang ada datanya memang pekerja yang daftar melalui dinas kabupaten/kota,” ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk gelombang I, II dan III yang sudah terdaftar kartu pra kerja sekitar 35 ribuan pekerja. Bahkan peserta lolos pada tahap I dan II tercatat sebanyak 7.350 orang peserta program Kartu Prakerja yang dinyatakan lulus dan berhak menerima biaya serta mengikuti pelatihan diadakan.

“Untuk gelombang III belum ada, berapa banyak yang lolos, baru gelombang satu dan dua saja sudah keluar,” jelasya.

Untuk jumlah gelombang satu tercatat sebanyak 2.969 orang yang dinyatakan lulus seleksi, sedangkan gelombang kedua ada 4.654 orang peserta lulus. Namun, jumlahnya masih jauh dari kuota diberikan untuk NTB sebanyak 50.992 slot. (dev)