Pelatih Harap Atlet Non Medali Juga Mendapat Apresiasi

TAMPIL : Inilah saat salah satu atlet Catur tampil di PON XX Papua 2021, dan gagal amankan medali buat NTB. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Keberhasilan Kontingen NTB pada ajang PON XX Papua 2021 patut diapresiasi. Karena baru kali ini NTB masuk dalam 10 besar dengan sukses mengumpulkan 15 medali Emas, 11 Perak, dan 12 Perunggu. Namun demikian, sejumlah pelatih menaruh harapan, agar atlet non medali juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan juga kabupaten/kota.

“Semoga pemerintah mengapresiasi juga perjuangan atlet kita yang belum beruntung mendapat medali di PON,” harap Pelatih Muaythai NTB Indra Gunawan, Rabu (20/10).

Dikatakannya, NTB mampu bertengger di peringkat 9 dari 34 provinsi merupakan sebuah prestasi yang membanggakan buat seluruh masyarakat NTB. Terlebih atlet dan pelatih yang sudah berjuang dengan sekuat tenaga dan pikiran demi keberhasilan untuk mencapai prestasi olahraga yang membanggakan, sehingga sangat wajar jika Pemprov melakukan sebuah penyambutan yang luar biasa kepada para pahlawan olahraga.

BACA JUGA :  Cabor Karate Belum Bisa Sumbang Medali

Karena bagaimanapun juga para atlet dan pelatih sudah membuktikan bahwa mereka mampu mengharumkan nama besar NTB di kancah nasional, sehingga pemberian bonus hingga ratusan juta terhadap atlet peraih medali juga sudah menjadi keharusan yang mesti dibayar oleh pemprov.

“Apresiasi bagi atlet peraih medali itu memang harus. Tapi mohon perhatikan juga atlet non medali, karena mereka juga sudah berjuang, namun belum beruntung,” lanjutnya.

Senada, Pelatih Catur NTB Hamdani Rudin mengatakan, bagi atlet dan pelatih yang gagal mempersembahkan medali di PON Papua dianggapnya perlu juga untuk diperhatikan. Karena bagaimanapun mereka juga sudah berjuang habis-habisan demi membela nama NTB, tetapi belum berhasil yang mungkin diakibatkan oleh berbagai alasan dan juga penilaian wasit/juri yang sifatnya subjektif.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada para pemangku kebijakan seperti Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Ketua KONI NTB H Andy Hadianto, Ketua Kontingen NTB H Mori Hanafi dan para pihak terkait, agar para atlet non medali diberikan juga apresiasi seadanya oleh pemerintah sebagai bagian dari suatu tim pejuang olahraga di PON XX Papua 2021.

BACA JUGA :  Tiga Petinju Putri NTB Melaju ke Final

“Kami harap mereka para atlet non medali juga diberikan apresiasi sekedar uang cendol. Seperti Pemprov NTT yang memberikan semua atlet yang terlibat berjuang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kontingen NTB H Mori Hanafi mengaku belum bisa pastikan terkait harapan para pelatih yang atletnya gagal raih medali. Baginya, aspirasi para pelatih ini harus dibicarakan sama Gubernur NTB dulu, karena semua ini menyangkut kebijakan dan yang bisa putuskan hanya Gubernur saja.

“Saya belum bisa pastikan, karena hal yang menyangkut uang itu harus kita bicarakan dengan Pak Gubernur, dan hanya beliau yang bisa putuskan,” tutupnya. (rie)