Pelatih dan Atlet PPLP akan Dievaluasi

SIDAK: Kadis Dispora NTB, Hj Husnanidiaty Nurdin bersama semua jajarannya sidak di arena pemusatan atlet PPLP NTB (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB hari ini, Kamis (26/1), akan menggelar evaluasi pelatih dan atlet dan cabang olahraga (cabor) yang tergabung dalam Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) NTB.

Kadis Dispora NTB, Hj Husnanidiaty Nurdin mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan pelatih dan atlet serta cabor yang masuk PPLP NTB. Dilakukannya evaluasi lantaran ada atlet PPLP NTB yang terdegradasi. Atlet bersangkutan sudah masuk kelas 3 dan otomatis tidak bias bergabung dalam skuad PPLP.

Terhadap evaluasi ini, pihaknya meminta agar semua pelatih serta cabor di PPLP NTB hadir. Permintaannya ini terkait dengan siapa saja atlet yang pantas masuk dalam skuad pengganti.

Bagi atlet yang akan didegradasi, pihaknya akan menyiapkan tempat terlebih dahulu karena dianggap telah berjasa mengangkat nama NTB di berbagai event. “Kita akan perhatikan bagi atlet PPLP NTB yang akan didegradasi,’’ ungkapnya, Rabu (25/1).

Pada saat evaluasi, terangnya, pihaknya akan membahas agenda apa saja yang akan dilakukan untuk pembinaan atlet. Dengan demikian, pembinaan atlet PPLP NTB diharapkan terus berjalan.

[postingan number=3 tag=”atlet”]

Rupanya, evaluasi ini tidak lepas dari aksi inspeksi yang dilakukan Husnanidiaty di lokasi pemusatan atlet PPLP NTB. Kala inspeksi, ia mengingatkan atlet bahwa segala fasilitas yang digunakan atlet dihajatkan untuk meningkatkan prestasi. Di lain sisi, ia mengingatkan atlet bahwa keberadaan mereka di arena pemusatan karena mereka adalah atlet-atlet terpilih.

“Karena itu, kita menasehati mereka agar tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang telah dibebankan kepada mereka,” sambungnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga berharap agar kepala asrama membangunkan atlet tetap salat berjaamah. Ini karena PPLP merupakan sekolah pembibitan olahraga nasional yang digunakan untuk mencari dan membina bakat olahraga.

Katanya, PPLP merupakan kegiatan dari sistem kompetisi olahraga pelajar secara nasional yang berjenjang dan berkelanjutan. Tujuan dari kejuaraan nasional antar PPLP adalah sebagai puncak  pembinaan prestasi olahraga pelajar dan evaluasi terhadap berbagai bentuk pembinaan PPLP.

Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga Dispora NTB, Anang Zulkarnaen mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi pelatih dan atlet PPLP. Evaluasi nanti tidak lain dihajatkan untuk persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jawa Tengah, September mendatang.

“Kita akan evaluasi atlet dan pelatih PPLP NTB serta menanyakan terkait dengan target kita di Popnas,’’ jelasnya.

Menurutnya, evaluasi itu penting mengingat ada atlet PPLP NTB ada yang akan didegradasi karena sudah kelas tiga. Praktis dengan begitu, yang bersangkutan tidak bisa untuk mengikuti Popnas mendatang.

‘’Yang akan kita evaluasi yakni, cabor, atltet dan pelatih serta menanyakan sekaligus mengenai target kita di Popnas,’’ sambungnya. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid