Pelantikan Inspektur Tunggu Lampu Hijau Gubernur

H. Fauzan Khalid (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Seleksi jabatan untuk pimpinan Inspektorat Kabupaten Lombok Barat sudah selesai digelar dan sudah mendapatkan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun sesuai aturan, pelantikan Inspektur Inspektorat baru bisa dilakukan setelah keluarnya rekomendasi Gubernur NTB. Pemkab Lobar sudah mengajukan surat usulan ke Gubernur NTB untuk pelantikan inspektur.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, mengatakan pelantikan inspektur masih menunggu jawaban gubernur atas usulan yang telah diajukan.”Untuk pelantikan inspektur, kita tunggu rekomendasi Gubernur NTB, kita sudah bersurat belum ada balasan,” kata bupati.

Sesuai dengan perencanaan, pada saat seleksi memang ada tiga jabatan yang dilelang, untuk inspektur Inspektorat akan lebih dahulu dilantik, karena Inspektorat sudah lama kosong. Sedangkan untuk jabatan Kepala Dinas Ketahan Pangan Staf Ahli Bidang SDM belakangan dilantik.” Kita lantik Inspektorat dulu karena sudah lama kosong. Yang lain masih diisi sama pejabat yang akan pensiun,” tegasnya.

BACA JUGA :  UMK Lobar 2017 Rp 1,65 Juta

Dikatakan bupati, pihaknya sudah menerima hasil sembilan nama tiga besar dari peserta seleksi.”Saya sudah terima, urutan nama tidak berdasarkan peringkat, tetapi abjad nama,” tegasnya.

Adapun untuk jabatan pimpinan Inspektorat, tiga nama yang masuk yaitu Abubakar (sekarang menjabat Kabid Bidang Perdagangan Disperindag), Dewanti Septiana Mudrika (sekarang menjabat Auditor Madya Inspektorat) dan Hademan (jabatan lama Jaksa Utama Pratama pada Kejaksaan Tinggi Provinsi NTB).

Sedangkan pada jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, ada nama Damayanti Widyaningrum ( saat ini Sekretaris Dinas Pertanian), Dewanti Septiana Mudrika (sekarang Auditor Inspektorat) dan Fathurrahman (sekarang Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Tiga nama yang masuk memperebutkan jabatan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia adalah Arief Nurhadi Herutomo ( saat ini Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda), Lalu Najamuddin (sekarang Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) dan Agus Rahmat Hidayat (sekarang Kepala Bagian Perekonomian Setda Lobar).”Untuk yang dua jabatan ini, kita tunggu pensiun pejabatnya dulu, target kita bulan Juli sudah kita lantik,” tegasnya.

BACA JUGA :  Larangan Merokok di RSUD Tripat tak Efektif

Bupati menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya tidak hanya melakukan lelang jabatan, namun juga melakukan jobfit terhadap 10 orang kepala dinas. Hasul jobfit juga sudah diterimanya. Nantinya hasil jobfit akan menjadi acuan bupati untuk melakukan rotasi. “Hasil dari jobfit, nanti akan ada peluang melakukan pergeseran pejabat,” tegas bupati.

Sementara itu Ketua Pansel Dr. H. Baihaqi mengatakan, panitia seleksi terbuka sudah mengumumkan hasil seleksi terbuka tiga besar untuk masing-masing jabatan yang dilelang.
Pengumuman secara terbuka oleh pansel ada di website resmi Pemkab Lobar bernomor : 07/PANSEL-JPTP/III/2021 berdasarkan berita acara penetapan hasil seleksi nomor : 07/BA/PANSEL-JPTP/2021 tanggal 29 Maret 2021.”Tiga besar nama sudah resmi, sudah resmi di umumkan dan sudah juga dilaporkan ke KASUS dan usulkan ke Gubernur NTB,” ungkap Baihaqi. (ami)