Pelantikan Eko akan Dihadiri Ratusan Undangan

MATARAM- H. Efendi Eko Saswito akan resmi menjadi Sekretaris Kota Mataram setelah dilantik pada hari ini.
“ Surat dari Gubernur sudah diterima Wali Kota. Besok (hari ini_red) Sekda dilantik,” ungkapnya kemarin.
Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Mataram Lalu Alwan Basri menyampaikan bahwa hari ini Wali Kota Mataram melantik Sekda di aula kantor Wali Kota Mataram. Pelantikan akan dihadiri ratusan undangan.

Setelah dilantik, otomatis Eko menjadi pejabat tertinggi di lingkup ASN Kota Mataram

Ada beberapa hal yang akan menjadi tantangan yang harus diselesaikan menurut Ketua Pansel Sekda Dr. Muazar Habibi. Sekda harus melakukan sinkronisasi program semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sekda baru juga harus memberikan kontribusi dan inovasi dalam menjalankan pemerintahan.

Sebagai pejabat tertinggi, Sekda adalah penyambung antara eksekutif dan legislatif. Sekda harus bisa melakukan kolaborasi dengan baik supaya roda pemerintahan antara eksekutif dan legislatif bisa berjalan dengan lancar untuk kemajuan Kota Mataram." Sekda harus pintar kolaborasi dengan wali kota serta pimpinan DPRD," sarannya.

Muazzar juga menilai tingkat kedisiplinan PNS masih rendah. Ini juga menjadi tantangan Eko. PNS juga dianggap kurang inovasi dalam bekerja. Itu sebabnya pembangunan dan program di SKPD masih stagnan.

Visi-misi yang ada harus didukung oleh birokrasi yang kuat, bersih, sehat dan profesional." Pemetaan dan penempatan ASN sesuai dengan klasifikasi ini yang harus dilakukan," tegas Eko. Sementara itu Sekda terpilih H. Efendi Eko Saswito mengatakan siap mengantarkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram mewujudkan visi dan misinya.

Untuk bisa mewujudkan birokasi yang sehat, bersih dan profesional, pihaknya harus bisa menempatkan ASN yang sesuai dengan klasifikasi dan konpetensi.Disamping menempatkan ASN sesuai dengan kualifikasi, Eko menyebutkan pihaknya harus melakukan distribusi staf secara proporsional sesuai dengan beban kerja SKPD.” Beban kerja SKPD harus disesaikan dengan staf atau pegawai," paparnya singkat. (ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut