Pelantikan 53 Kades Lotim Terpilih

pelantikan kades lotim
PELANTIKAN KADES: Sebanyak 53 Kades Lotim yang terpilih di Pilkades serentak Desember tahun lalu, saat dilantik oleh Wakil Bupati Lotim, Haerul Warisin, Senin kemarin (27/2). (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Sebanyak 53 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang terpilih pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serempak Desember tahun lalu, Senin kemarin (27/2), dilantik Bupati dan Wakil Bupati Lotim, Ali BD – Haerul Warisin, bertempat di Kantor Bupati.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah itu dilakukan berdasarkan SK Bupati Nomor 188.45/PMD/2017, tentang pengesahan Kades terpilih untuk masa jabatan periode 2017-2023. Pengambilan sumpah jabatan sendiri dipimpin oleh Wakil Bupati Lotim, Haerul Warisin.

Sementara Bupati Lotim, Ali BD, dalam sambutan mengingatkan kepada para Kades, baik itu yang baru menjabat ataupun kades yang terpilih kembali, supaya terus meningkatkan pembangunan di desa. Baik itu menyangkut peningkatan kualitas jalan, termasuk program-program desa lainnya. “Pembangunan desa kita di Indonesia berkaitan dengan pembangunan desa yang semakin komplek,” kata Ali BD.

[postingan number=3 tag=”kades”]

Dikatakan, para Kades yang dilantik semuanya telah dipilih dengan baik oleh masyarakat sesuai ketentuan dan perundang- undangan yang berlaku. Khusus untuk Kades lama yang kembali menjabat, agar terus meningkatkan prestasi dan kinerja atas kepercayaan kembali yang telah diberikan oleh masyarakat.

“Sementara untuk Kades yang baru. Walaupun anda baru jadi Kades, tidak berarti anda tidak mengetahui tentang desa anda,” ujar Ali BD.

Sejumlah Kades yang telah mengukir prestasi, kata dia, supaya  tidak berpuas diri. Dibalik prestasi itu tentu masih ada kekurangan. Seorang Kades itu memiliki tanggung jawab besar di masyarakat. Semua itu harus dijalani dengan penuh kesabaran. Sebab ini bagian dari ujian  yang harus dijalani. “Saya sering turun ke desa. Dan saya melihat juga masih banyak jalan rusak. Meski pun banyak yang rusak, namun masih belum nampak (diperbaiki),” terang Ali.

Sebagai orang nomor satu di Lotim, dia memiliki hasrat agar jalan-jalan yang rusak itu bisa semua diperbaiki. Namun karena keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah, menjadi kendala semua harapan itu belum semuanya bisa terwujud. Karena itu, diharapkan kepada para Kades untuk punya komitmen dan dedikasi dalam menjalankan jabatannya, untuk meningkatkan pembangunan di desanya masing-masing.

Baik itu menyangkut pembangunan infrastruktur jalan dan sejumlah persoalan lainnya. Jika desa itu maju, maka dipastikan daerah juga akan ikut maju. “Harus ada gagasan yang kuat dari Kades untuk membangun desa. Sehingga nanti ada hasil yang ditinggalkan untuk kemajuan desa. Untuk itu, kita harus memiliki rasa pengabdian yang tinggi,” lanjut dia.

Selain itu, Ali BD juga mengingatkan semua Kades untuk tidak kelayapan ke tempat hiburan malam, seperti Café. Karena dari laporan yang dia terima, masih ada Kades yang gemar datang ke Café. “Kasihan ibunya (isteri) di rumah. Tapi saya yakin 53 Kades ini semuanya baik,” tutup dia. (lie)

BACA JUGA :  Dewan Sebut Ali BD Gagal Fungsikan Labuhan Haji