Pelamar CPNS Mataram Diprediksi 2.556 Orang

CPNS: Pelamar CPNS rekrutmen tahun 2021 di Kota Mataram diprediksi akan mencapai 2556 orang peserta. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Kendati pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rekrutmen tahun 2021 belum dibuka. Namun diyakini pelamar CPNS di Kota Mataram akan membeludak. Dari rapat persiapan rekrutmen CPNS tahun ini. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memprediksi ada sekitar 2.556 orang yang akan melamar CPNS di Kota Mataram.

Jumlah tersebut tergolong banyak, dengan kuota 146 formasi CPNS Kota Mataram tahun ini. “Iya prediksi kita akan ada 2556 pelamar CPNS di Kota Mataram tahun ini,” ujar Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati di Mataram, kemarin.

Kota Mataram tetap menjadi primadona tujuan pelamar CPNS. Karena masih banyak yang menganggap bertugas di ibu kota memiliki keistimewaan tersendiri. Pelamarnya pun bangga juga jika lulus sebagai CPNS di Kota Mataram. Karenanya, dengan formasi CPNS yang terbatas. Pelamar CPNS di Kota Mataram diprediksi tetap membeludak. “Ini estimasinya juga sama seperti tahun sebelumnya. Kota Mataram banyak pendaftarnya walaupun formasi CPNS-nya terbatas,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Minat Warga Mataram Jadi TKI Meningkat

Sebelumnya Kota Mataram mengusulkan 162 formasi CPNS. Namun yang disetujui pemerintah pusat 146 formasi. Rinciannya, untuk tenaga kesehatan (nakes) diusulkan 160 formasi. Tapi kouta nakes yang disetujui 118 formasi. Berikutnya untuk tenaga tehnis diusulkan 42 formasi. Kemudian yang disetujui Kemenpan RB 28 formasi.

Dengan pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) juga dipastikan dilakukan penyesuaian. Yakni tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Karena itu, BKPSDM menyatakan, dengan prediksi 2556 peserta pelamar CPNS. Tes SKD CPNS Kota Mataram dilaksanakan selama 17 hari. “Itu pelaksanaan tesnya bisa 17 hari. Karena kan kita tidak bisa seperti sebelumnya saat pandemi. Mungkin sehari beberapa sesi dan satu ruangannya maksimal 50 orang,” katanya.

BACA JUGA :  Dewan : Lobar Terlalu Baik Terhadap Mataram

Persiapan lainnya juga sudah dilaksanakan. Seperti tempat pelaksanaan tes yang sudah ditentukan. Yakni di SMK 3 Mataram. “Tempat tesnya sama seperti sebelumnya di SMK 3 Mataram. Di sana sudah bagus tempatnya,” ungkapnya.

Nelly memastikan, semua persiapan untuk rekrutmen CPNS sudah dipersiapkan. BKSPDM hanya tinggal menunggu pengumuman dimulainya pembukaan pendaftaran CPNS. Dia mengatakan, tidak masalah kapan pendaftaran dimulai oleh pemerintah pusat. “Terpenting kita sudah persiapan yang maksimal. Tinggal kita tunggu pengumumannya saja. Kalau yang lainnya kita sudah siap,” jelasnya.

Asisten III Setda Kota Mataram, Hj Baiq Evi Ganevia mengatakan, untuk persiapan rekrutmen CPNS sudah diupayakan secara maksimal. Sama seperti daerah lainnya di seluruh tanah air. Mataram tinggal menunggu pengumuman dari pemerintah pusat tentang pendaftaran CPNS. “Kita tunggu saja kapan pemerintah pusat mengumumkan pendaftaran CPNS mulai dibuka,” katanya. (gal)